Kab. Ciamis, LINTAS PENA

Selama ini, warga Desa Langkaplancar dan sekitarnya di Kec. Langkaplancar Kab. Ciamis tentunya akan mengenal nama Yana, sosok petugas Puskesmas Desa Langkaplancar yang selalu siap melayani masyarakat tanpa mengenal lelah dan waktu. Bahkan, pengabdiannya terhadap masyarakat dilakukan tiap hari selama 24 jam. Sebab, selain dikenal petugas medis di Puskesmas tersebut, juga dia memiliki keahlian dalam mengkhitan.

“Apa yang saya lakukan ini merupakan tuntutan tugas dalam memberikan layanan kesehatan terhadap masyarakat secara optimal, baik di Puskesmas maupun di linkungan tempat tinggal, baik siang ataupun malam,” ungkap Yana merendah.

Karena memiliki keahlian sebagai juru “sunat” khitan, maka tak mengherankan bila Yana makin akrab dan dikenal masyarakat, terutama setelah memakai peralatan medis yang canggih (Sinar Laser) yang hasilnya cukup baik. Hal itu dibuktikan saat mengkhitan putranya Odin di Dusun Cijalu Desa Langkaplancar.

“Saya hanya memanfaatkan kecanggihan teknologi medis untuk alat khitan agar hasilnya bagus dan tidak terasa nyeri oleh anak yang dikhitan.Dengan menggunakan alat canggih ini pekerjaan pun menjadi relative singkat, cepat, tepat, dan hasilnya memuaskan.” tuturnya.

Warga desa setempat mengakui pengabdian seorang Yana yang tulus ikhlas dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, baik yang datang ke tempat kerjanya di Puskesmas maupun ke rumahnya, dan bahkan di undang ke rumah pasien untuk pengobatan. (DENI KOSWARA/REDI RAHMAT EFENDI)***