Ciamis, LINTAS PENA

Dengan kondisi bangunan yang layak, maka diharapkan dapat memberi semangat kegiatan belajar mengajar (KBM) para siswa maupun guru, sehingga akan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah bersangkutan.

“Kami berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan para anak didik. Apalagi sekarang beberapa ruang kelas sudah selesai direhab sehingga memberi kenyamanan dalam proses belajar mengajar.” ujar Husen, SPd. Kepala SDN 1 Jadimulya kepada LINTAS PENA.

SDN 1 Jadimulya lokasinya memang jauh dari pusat kota Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis. Namun dengan kondisi bangunan terutama ruang belajar yang nyaman, tentu saja memberikan semangat dalam proses kegiatan belajar mengajar. ”Staf guru siap meningkatkan mutu pendidikan siswa-siswi SDN 1 Jadimulya.”tuturnya.

Bahkan,lanjut Husen, para guru berusaha mempertahankan SDN 1 Jadimulya sebagai sekolah unggulan dilingkungan UPTD Langkaplancar.

Karena itu tak mengherankan,bila SDN 1 Jadimulya yang jumlah muridnya 115 siswa dengan 6 guru PNS dan 1 orang sukwan serta sarana prasarana yakni 7 ruang kelas yang cukup ‘nyaman’ baik ini banyak meraih prestasi baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten, misalnya Juara I bidang akademik tingkat Kab. Ciamis. disamping prestasi di bidang olahraga dan kesenian.

Yoyo Jakaria S. Pd salah seorang guru pembimbing anak yang ikut lomba ditingkat kabupaten dalam cabang olahraga takraw, catur dan atletik (lompat tinggi). Selain itu, Yoyo Jakaria adalah guru yang berprestasi dalam Seni Pupuh Sunda juga sebagai pemain sembada dalam upacara adat. Pada upacara Hari Guru Nasional 2010, digelar dengan kegiatan lomba Pupuh Sunda antara guru2 kring barat dan kring selatan, ternyata Yoyo Jakaria meraih Juara-I tingkat Kecamatan Langkaplancar yang mewakili guru-guru dari daerah kring selatan.

“Sebagai sekolah unggulan,kami akan terus berupaya mempertahankan dan bahkan lebih meningkatkan prestasi di segalang bidang.” ungkap Yoyo Jakaria. (DENI KOSWARA/REDI RAHMAT EFENDI)***