Kab. Tasikmalaya, LINTAS PENA

SMPN 1 Karangnunggal kini memiliki sebuah ruangan khusus perpustakaan sekolah yang refresentatif dan nyaman dengan koleksi buku yang cukup lengkap. Adapun sumber dana untuk membangun ruang perpustakaan itu merupakan bantuan block grand dari APBN sebesar Rp. 140 juta.

“Dengan selesainya pembangunan ruang perpustakaan di sekolah kami, maka diharapkan dapat meningkatkan minat baca para siswa, terutama dalam menambah ilmu pengetahuan umum di luar mata pelajaran yang diperoleh di ruang kelas dari guru,”ungkap Drs. Ade Karyana, Kepala SMPN 1 Karangnunggal kepada LINTAS PENA.

Ade Karyana mengaku, bahwa keberadaan perpustakaan sekolah itu sangat penting. Karena perpustakaan di sekolah menyediakan informasi dan ide yang merupakan dasar keberhasilan fungsional dalam masyarakat masa kini yang berbasis pengetahuan dan informasi. Perpustakaan sekolah membekali peserta didik berupa keterampilan pembelajaran sepanjang hayat serta imajinasi, memungkinkan mereka hidup sebagai warga negara yang bertanggungjawab. “Syarat mutlak peserta didik untuk dapat menggunakan perpustakaan adalah mereka harus bisa membaca dan mempunyai minat baca. Sekolah dapat menumbuhkan minat baca peserta didik dengan menjadikan perpustakaan bersifat aktif dan kondusif.”katanya.

Karena itu, keluarga besar SMPN 1 Karangnunggal sangat berterima kasih serta menyambut baik dengan selesainya pembangunan ruang perpustakaan sekolah yang refresentatif dan nyaman disertai koleksi buku yang cukup lengkap.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan berupa ruang ruang perpustakaan berikut koleksi buku-buku ilmu pengetahuan dan teknologi yang yang lengkap ini sangat dibutuhkan para siswa,” tuturnya. (WARTONO)***