Ciamis, LINTAS PENA

SMA Negeri 1 Lakbok Ciamis merupakan sekolah pelopor perubahan yangmemiliki keunggulan kompotitif sebagai lembaga pengembangan setingkat lembaga pendidikan menengah atas yang berwawasan global. Tak mengherankan bila SMAN 1 Lakbok menjadi sekolah terfavorit di Ciamis selatan. Hal itu berkat kepemimpinan Drs. Wawan Haryawan selaku kepala sekolahnya.

“Kami akui, Pak Wawan Haryawan sanggup membentuk SMAN 1 Lakbok sebagai sekolah pelopor perubahan dengan sistem pendidikan penyesuaian kebutuhan, sehingga layak menjadi sekolah terfavorit,” ungkap Drs. Nasiman, Camat Lakbok memberikan komentar kepada LINTAS PENA pekan kemarin.

Nasiman menambahkan, bahwa keberhasilan yang diraih oleh SMA Negeri 1 Lakbok yaitu adanya kerja keras dan kerja sama oleh seluruh elemen, terutama Drs. Wawan Haryawan selaku kepala sekolah yang berjuang untuk kemajuan lembaga pendidikan yang dipimpinnya dengan sepenuh hati.

“Kalau sepengetahuan kami, Drs. Wawan Haryawanlah yang bisa membawa SMA Negeri 1 Lakbok sekarang tumbuh berkembang menjadi sekolah besar dan maju dari berbagai bidang. Karena itulah, harapan masyarakat dan para tokoh pendidikan di Kecamatan Lakbok dan sekitarnya menginginkan Drs. Wawan Haryawan tetap di Lakbok sebagai kepala SMA Negeri 1 Lakbok,” jelas Drs. Nasiman.

Sementara itu, Drs. Wawan Haryawan memberikan tanggapan ketika dikonfirmasi LINTAS PENA, bahwa SMA Negeri 1 Lakbok siap dikritik dan mengharapkan keritikan dari luar sehingga pihak sekolah akan lebih mengetahui tentang kelemahan dan kekurangan sekolah.

“Dengan adanya kritikan tersebut berarti perhatian dari luar begitu besar terhadap SMA Negeri 1 Lakbok. Insyaalloh akan secepat mungkin mengoreksi sekaligus membenahi kekurangan yang ada, saya sebagai kepala sekolah dan para gurunya pun akan berterima kasih bukan memarahi. Bila itu terjadi berarti guru masih belum tertanam jiwa kejujuran dan STIKA dan pembudayaan 3S yaitu senyum, sapa dan salam.” tutur Wawan Haryawan di kampus SMAN 1 Lakbok di Cintajaya Kec. Lakbok pekan kemarin.

Dia mengaku siap mempertahankan statusnya sebagai sekolah terfavorit dengan meningkatkan berbagai hal terutama kualitas pendidikan, sehingga lulusan SMAN 1 Lakbok tidak kalah bersaing dengan sekolah lanjutan atas lainnya. Bahkan siap mengusung visi: “ Unggul Dalam Mutu yang Bertumpu pada Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Profesional dalam peyelenggaraan Pendidikan”

Sedangkan misi yang diembannya antara lain: Meningkatkan efektivitas proses kegiatan belajar mengajar, Meningkatkan perolehan hasil Ujian Nasional, Merealisasikan konsep MBS di seluruh perangkat sekolah, Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, Pemberdayaan peran orang tua dan masyarakat dalam proses pendidikan melalui komite sekolah, serta Menumbuhkembangkan tali persaudaraan diantara warga SMA Negeri 1 Lakbok, dalam suasana formal dan informal. (TOTO SUYANTO)***