Ciamis, LINTAS PENA

Sebagian besar warga masyarakat di wilayah Kec. Rancah mengaku puas atas layanan kesehatan yang diberikan petugas dan Kepala Puskesmas Rancah selama ini. Karena pelayanannya dinilai sudah cukup baik untuk ukuran Puskesmas rawat inap kecamatan di Kab. Ciamis.

“Kami selalu berusaha untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Dan itu memang sudah menjadi tugas kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik,” ungkap dr. H. Enceng AS kepada LINTAS PENA.

Karena itu tak mengherankan, bila Puskesmas Rancah selalu dipenuhi pasien yang berobat jalan sampai yang dirawat inap, bahkan sampai over kapasitas. Hal itu maklum adanya kurangnya sarana untuk ruangan rawat inap di Puskesmas Rancah tersebut. ”Pada saat ini, kondisi sarana ruang rawat inap untuk pasien ke Puskesmas Rancah masih kekurangan, sehingga sering mengalami over kapasiatas. Kami masih membutuhkan beberapa ruang rawat inap untuk menampung pasien,” tuturnya.

Selain itu, lanjut dr. H. Enceng AS, bahwa Puskesmas Rancah masih kekurangan tenaga medis, misalnya dokter spesialis gigi yang dibutuhkan masyarakat. Beberapa waktu lalu, masyarakat mengusulkan kepada Puskesmas Rancah untuk mengajukan penambahan tenaga medis ke Dinas Kesehatan Kab. Ciamis, tetapi sampai sekarang belum direalisasikan.

dr. H. Enceng AS mengatakan, sekarang Puskesmas Rancah dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat bukan hanya peningkatan pelayanan di Puskesmas induk saja, tetapi di Pustu-pustu (Puskesmas Pembantu) di wilayah Kecamatan Rancah juga ditingkatkan pelayanannya karena merupakan binaan Puskesmas Rancah itu sendiri.

Ketika ditanya mengenai sumbangan ke PAD Kab. Ciamis yang mencapai Rp.100 juta lebih pertahunnya, menurut dr. H. Enceng AS, bahwa hal itu tidak bisa dijadikan senjata untuk menekan pemerintah melainkan harapan masyarakat karena Puskesmas Rancah sesuai dengan peningkatan dari Puskesmas biasa menjadi rawat inap hal itu merupakan kebutuhan Puskesmas yang tak bisa ditawar lagi. Itulah sebabnya, atas nama Kepala Puskesmas Rancah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Ciamis yang memberikan perhatian lebih kepada Puskesmas Rancah bisa tumbuh dan ber kembang dari berbagai bidang berkat bantuan dari pemerintah juga.

Kondisi over kapasitas yang terjadi di Puskesmas tersebut diakui Amin selaku Kepala Desa Rancah, sehingga dari situlah masyarakat punya kemauan untuk mendorong pemerintah Daerah Ciamis diharapkan memberikan penambahan sarana ruang untuk rawat inap dan tambahan tenaga kesehatan setingkat dokter gigi sesuai dengan kebutuhan untuk tingkat Puskesmas Tipe B rawat inap.

“Seyogyanya pemerintah tak ada alasan untuk tidak merealisasikan harapan masyarakat, disamping itu pula Puskesmas Rancah merupakan penyumbang dana terbesar mencapai Rp. 100 juta lebih pertahunnya ke PAD Kabupaten Ciamis untuk tingkatan Puskesmas Kecamatan,” tutur Amin. (TOTO SUYANTO)***

Advertisements