Kab. Tasikmalaya, LINTAS PENA

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang diberikan langsung ke tiap desa berjalan optimal. Sebagaimana halnya yang dilakukan warga Desa Sirnagalih, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Buktinya, ratusan masyarakat desa setempat secara gotong rotong dan bahu-membahu membangun jalan desa.

Bantuan PNPM Mandiri Pendesaan 2010 yang di terima Desa Sirnagalih sebesar Rp.200.000.000 dan ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp.53.000.000 di pergunakan untuk perbaikan jalan desa dan kirmir. Bantuan yang diberikan pemerintah melalui PNPM Mandiri Pedesaan, merupakan salah satu upaya pemerintah memajukan dan mensejahterakan masyarakat, khususnya yang ada di pedesaan. Sebab, bantuan tersebut harus dikelola langsung oleh masyarakat setempat.

”Alhamdulillah, kami bisa mendapatkan bantuan pembuatan jalan desa yang sudah lama terbengkalai, kini kami bisa menikmati jalan yang bagus dan tentu saja bisa berguna bagi masyarakat juga sangat membantu roda perkonomian di desa kami” ungkap Suryaman, Kades Sirnagalih kepada LINTAS PENA.

Dalam pengerjaannya, lanjut Suryaman, ratusan warga ambil bagian dalam pembuatan jalan ini. Mereka bahu membahu membantu pengangkutan bahan-bahan material, ataupun pekerjaan lainnya. “Selain itu, tenaga ahli untuk mengaduk semen dan pemasangan bata, juga selalu ikut dalam pengerjaan jalan desa ini” jelasnya.

Suryaman juga menyatakan, program PNPM Mandiri Pedesaan sangat menyentuh rakyat. Selain berguna bagi masyarakat itu sendiri, warga juga dilibatkan secara langsung. Dengan demikian, peran dari warga setempat sangat berarti dalam membangun desa mereka sendiri. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, karena program PNPM ini sangat berarti bagi kami dan menyentuh masyarakat secara keseluruhan,” imbuhnya.

Berdasarkan pemantauan LINTAS PENA di lapangan, bangunan jalan di Desa Sirnagalih, Kecamatan Bantarkalong, sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat itu sendiri, “Siapapun bisa menilai hasil karya kami, dalam penggunaan bantuan PNPM mandiri. Karena kami bertekad, selalu berbuat yang terbaik bagi desa kami, guna mendukung program pemerintah dan demi kemajuan desa sirnagalih sendiri,” pungkas Suryaman. (WARTONO)***