Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA

Walaupun baru seumur jagung, tetapi nama lembaga pendidikan SMK Cendekia dibawah naungan Yayasan ‘Cendikia’ Mawaddatul Huda pimpinan H.Edih Mursidi yang berlokasi di Kampung Cihaur, Desa Arjasari, Kec Leuwisari, sudah cukup terkenal terluas di kalanganmasyarakat Kab Tasikmalaya khususnya, karena kualitas pendidikannya dan prestasi yang diraihsiswa-siswinya.

 

Karena itu tak mengherankan, bila awal berdiri tahun lalu jumlah muridnya sebanyak hanya 40 siswa, maka pada tahun ajaran 2010-2011 jumlahnya membludak hingga mencapai 400 siswa. Dan di tahun ajaran 2011-2012 ditargetkan jumlah peserta didik yang menimba ilmu di SMK Cendikia sebanyak 500 siswa.Ini perkembangan yang luar biasa bagi sebuah lembaga pendidikan swasta yang belum lama berdiri.

“Kami mendirikan lembaga pendidikan kejuruan ini semata untuk menciptakan sumber daya manusia Islami yang berkemampuan tinggi sebagai generasi bangsa. Karenanya visi SMK Cendikia yakni Terwujudnya Sekolah Unggulan Islami dan Terdepan di Jawa Barat pada tahun 2025 ”ungkap Kepala SMK Cendikia Drs. Wawan Wahyudin MSi melalui Roni Noeroni selaku Wakasek Kurikulum

Roni Noeroni menjelaskan, bahwa kewahyuan dan empirik adalah dasar filosofi kurikulum yang dikembangkan di SMK Cendikia, yakni menyatukan antara ilmu Qur’ani dengan pengetahuan kontemporer yang dikembangkan di sekolah-sekolah pada umunya, seperti natural science, social and cultural studies, matematika, informatika , literatur dan produktif. “Sebagai kurikulum Islami, maka SMK Cendikia mewajibkan kepada setiap guru yang mengajar selalu mengawali pelajarannya bahwa, apa yang mereka sampaikan pada hakekatnya menyebarkan Islam.”tuturnya.

 

Sedangkan misinya antara lain: Menbentuk pribadi yang ulama, bertaqwa, berakhlaq, cakap, percaya diri serta berguna bagi umat dan bangsa, serta menyiapkan sumber daya insani yang memiliki kompetensi keahlian tertentu.

Tujuan sekolah kami kelola merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur sebagai berikut: unggul dalam kegiatan keagamaan Tafaquh Fid Din (Pesantren Cendikia) dan kepedulian sekolah; unggul dalam penguasaaan bahasa Arab dan Inggris; unggul unggul dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama bidang sains dan matematika; dalam persaingan masuk ke Dunia Kerja dan Dunia Usaha (DU /DI ); juga unggul dalam kegiatan pramuka, tapak suci, kesenian, pramuka, baris berbaris dan muhadoroh; unggul dalam kebersihan dan penghijauan sekolah; serta unggul disiplin masuk sekolah, berpenampilan dan berperilaku; juga unggul dan sukses sukses berupa kegiatan yang diselenggarakan SMK Cendikia, rmacam-macam lomba dengan melibatkan peserta siswa TK, SD/MI, SMP/ MTs.,dan SMA/SMK/ MA memperebutkan trofi bergilir tingkat Jawa Barat

Untuk merealisasikan Visi dan Misi, maka rencana sasaran trategis yang dilancarkan SMK Cendikia dilakukan beberapa tahapan Penguatan Program SMK Cendikia. Keberadaan SMK Cendikia sebagai suatu program harus mampu mencetak produk yang diinginkan, oleh karena itu setiap sub program, harus berfungsi dan bekerja secara sinergis.Penguatan kepada setiap sub/ bagian adalah hal yang harus dilakukan.

Salah satu sub penting yang akan menjadi sasaran penguatan dari Program SMK Cendikia ini, yang diejawantahkan dengan lima langkah utama, adalah Management Information Sistem. Langkah yang dilakukan adalah mengatur sistem informasi. Hal ini dilakukan, dengan mempertimbangkan bahwa informasi adalah sumber/ bahan baku yang akan dicerna oleh otak untuk selanjutnya diproses dan diteruskan menjadi bentuk tindakan-tindakan, sehingga mengelola informasi adalah hal yang sangat penting. Dalam hal ini program akan mengembangkan Open Management information System atau manajemen sistem informasi terbuka. Indikatornya adalah transparan dan tidak manipulatif. Semua operator program akan mendapatkan bagian informasi yang sama mengenai perkembangan program yang sedang dikembangkan, sehingga perkembangan program tidak terjadi ketimpangan. Segala bentuk laporan yang layak diketahui akan dilaporkan secara berkala kepada pihak yang berhak menerimanya, seperti laporan keuangan, perkembangan prestasi siswa, kemajuan program dan lain-lain.

Adapun prestasi siswa pada tahun 2010 adalah terpilihnya 7 siswa tingkat 2 SMK Cendikia pada kegiatan Jambore Karya Tunas Nusantara pada tanggal Juli 2010. Prestasi kedua yang cukup membanggakan adalah diraihnya piala tetap, piala bergilir, piagam penghargaan dan uang pembinaan pada kegiatan Wide game pembangunan VII se-Jawa Barat dengan meraih 7 buah piala. Mata lomba tersebut adalah Juara 3 Story Telling, Juara 1 dan 2 Pentas Seni, Juara 1dan 2 Hasta Karya, Juara 1 Olimpiade Pramuka. Selain itu, SMK Cendikia sukses menyelenggaran Masa Orientasi Peserta Didik dengan kegiatan lapangan berupa Materi Baris Berbaris. Materi ini langsung ditangani oleh Pelatih dari TNI.

Hal menarik sekaligus menjadi ciri khas dari SMK Cendikia yang memiliki luas kampus 5 hektar dan pembangunannya diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H.Dede Yusuf itu, ternyata menjunjung tinggi nilai kharismatik dan individualism karena bukan berharap dibantu tetapi justru sebaliknya membantu masyarakat yang kesulitan menyekolahkan putra-putrinya akibat beban biaya sekolah yang kian melambung tinggi.

“Dalam hal ini, kami memberikan beasiswa kepada peserta didik, bahkan sesuai kriteria yang ditentukan sekolah sebanyak 32 siswa tiap angkatan yakni dibebaskan dari segala biaya sekolah (gratis). Bahkan sesuai penilaian pihak sekolah, maka setahap demi setahap jumlah SPP siswa akan dikurangi, dan ini jelas akan semakin meringankan beban orangtua siswa, juga biaya masuk pun tak lebih dari Rp.200 ribu serta bebas uang banngunan,”jelas Roni Noeroni kepada LINTAS PENA.

Program pendidikan SMKN dengan jargonnya SMK Bisa-nya yang sedang gencar didorong pemerintah cq Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), menurut Roni Noeroni, maka SMK Cendekia berpartisipasi aktif dan menjadikan program tersebut bukan hanya slogan , melainkan The Real Program yang mampu dirasakan out come– nya oleh masyarakat.” Kami berharap, kehadiran SMK Cendikia bisa diterima oleh masyarakat luas, karena meningkatnya kualitas pendidikan hingga mampu mencetak SDM atau para lulusan siap ‘pakai’ kerja, mandiri, handal, professional sesuai visi sekolah kami yakni SMK Cendikia menuju sekolah Islam dan terdepan di Jawa Barat pada t 2025,”paparnya. (REDI MULYADI)***