Tasik, LINTAS PENA

Pemerintahan Desa Citalahab merupakan sebuah desa yang berada di daerah pedalaman, yang jauh dari pusat keramaian kota Kec.Karangjaya maupun pusat kota Kab.Tasikmalaya. Walau demikian, Kepala Desa Citalahab berupaya semaksimal mungkin untuk menciptakan desa ke arah pembangunan, misalnnya belum lama ini menerima bantuan dari pemerintah melalui dana PNPM.

“Program PNPM sangat membantu pembangunan yang ada di daerah terutama Desa Citalahab, karenanya kami berupaya untuk memprioritaskan pembangunan sarana-prasarana,”ujar Mahpudin.

Dalam kaitannya dengan program tersebut, pihak Pemdes Citalahab sudah membagi tugas dengan cara pembentukan ketua kepengurusan PNPM yang diketuai Elan dan Bendahara Hendi lebih akrab disapa Akung.

“Adapun teori pekerjaan fisik dari dana PNPM semua dilibatkan agar merasa memiliki dan tak ada kecemburuan sosial, adapun pekerjaan yang saat ini pengasalan jalan Lingkar Dusun bahkan merupakan jalan terobosan yang masuk ke wilayah Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis yang letaknya ke Desa Bangun Jaya ,adapun jalan yang tengah dikerjakan dengan volume 775 meter dan lebar 2,5 meter,”tutur Kades

Adapun pengerjaan Rabat Beton yang panjangnya 300 meter persegi dengan menghabiskan dana Rp.170 juta dalam pengerjaan dua titik dengan adanya rasa kebersamaan warga Desa Citalahab tempat semakin menyatu dalam melaksanakan pembangunan bahkan lembaga BPD yang diketuai Abdulah yang didampingi lembaga desa Eri dan polisi desa tampak semangat dalam melaksanakan program PNPM .

Wargapun merasa bangga karena Mahpudin selaku Kepala Desa Citalahab yang satu ini mampu mengarahkan warganya kearah pembangunan , juga dapat menyatukan kerukunan beragama satu sama lain. Kepala Desa pun tidak menutup kemungkinan apabila ada warganya yang mengeritik asalkan kritikan tersebut demi memajukan pembangunan, tuturnya. (JAJANG.SP)**