Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA

Insan pendidik (guru) di Kab.Tasikmalaya patut berbangga hati, karena kini telah memiliki gedung guru atau gedung PGRI yang refresentatif, dan diresmikan oleh Bupati Tasikmalaya Drs.H.Tatang Farhanul Hakim MPd pada Selasa pekan kemarin.Ribuan guru dari berbagai pelosok pun hadir pada acara peresmian tersebut sekaligus launching dua buku Bupati Tasik “ Tatang Farhanul Hakim, Sebuah Kisah Inspiratif Manusia Pembelajaran” dan “Dua Periode Kepemimpinan Drs.H.Tatang Farhaul Hakim MPd” yang mantan guru pula.

Pada kesempatan itu, hadir pengamat pendidikan Prof.Dr.Ahman Sya, Ketua PGRI Jawa Barat Drs.Edi Permadi MM MPd, Ketua DPRD Kab.Tasikmalaya Drs.Ruhimat MPd, Sekda Kab.Tasikmalaya Drs.H.Abdul Kodir MPd, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Tasikmalaya Drs.H.Muhammad Zen MPd, Ketua PGRI Kab.Tasikmalaya Drs.H.Yedi Kusmayadi, unsur Muspida dan ribuan guru.

Ketua PGRI Kab.Tasikmalaya Drs.H.Yedi Kusmayadi mengatakan, bahwa satu kebanggaan bagi guru di Kab.Tasikmalaya, karena bupatinya berasal dari guru, sehingga komitmen untuk memajukan bidang pendidikan dan perhatiannya terhadap guru sangat besar. “Kita patut bersyukur, karena Pak Bupati Tasik semula berprofesi sebagai guru sehingga perhatiannya terhadap dunia pendidikan sangat besar, termasuk membantu dalam proses pembangunan Gedung PGRI yang megah ini,”tuturnya.

Bupati Tasikmalaya Drs.H.Tatang Farhanul Hakim kepada LINTAS PENA mengaku, bahwa dirinya sangat besar perhatiannya terhadap dunia pendidikan, memang cukup beralasan.”Karena sebelum terjun ke dunia politik dan menjadi Bupati, profesi saya ini kan seorang guru dan paham sekali mengenai kehidupan guru serta perjuangan/pengabdian guru terutama yang berada di daerah terpencil, juga kebutuhan dunia pendidikan yang harus ditingkatkan,”paparnya.

Bupati Tasik berharap, keberadaan Gedung “Guru” PGRI yang baru diresmikan agar dimanfaatkan oleh insan guru secara optimal untuk berbagai kegiatan, terutama yang dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan di Kab.Tasikmalaya .

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Tasikmalaya Drs.H.Moch.Zen MPd mengatakan, bahwa dalam keseluruhan kegiatan pendidikan bahwa guru memiliki posisi sentral dan strategis. Karena posisinya tersebut, maka baik dilihat dari kepentingan pendidikan nasional maupun tugas fungsional guru, semuanya menuntut agar pendidikan dilaksanakan secara professional.

“Pembahasan tentang guru professional terkait dengan beberapa istilah, yakni profesi, professional itu sendiri, profesionalisme, profesionalisasi dan profesionalitas,”tutur Moch.Zen beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu diserahkan piagam penghargaan kepada siswa siswi SD hingga SMA/SMK yang berprestasi, guru berprestasi, Kepala Sekolah TK hingga SMA/SMK, pengawas TK/SD hingga SMP/SMA/SMK serta penyerahan Piala Bergilir PORSENI 2010 kepada kontngen UPTD Sukaraja. (REDI MULYADI/RATNA SARI DEWI)***