Ciamis, LINTAS PENA

Desa Jadimulya dan Desa Sukamulya merupakan desa pamekaran di wilayah Kec.Langkaplancar Kab.Ciamis. Karena itu, antara Kepala Desa Jadimulya MA Idi dan Kepala Desa Sukamulya Herdi merasa ada hubungan emosional, sehingga kedua kades ini selalu bertukar pikiran dan bertukar pengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan desa masing-masing.

Bahkan, warga kedua desa tersebut dapat menikmati hasil kemajuan pembangunan, karena kinerja MA Idi dan Herdi untuk memajukan desanya telah dibuktikan, terutama dalam pengabdiannya dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Hasil pembangunan yang kini dinikmati warga Desa Jadimulya dan Desa Sukamulya itu baik sarana prasarana fisik, ekonomi, sosial, moral dan spiritual.

“Walaupun lokasi desa kami paling selatan di wilayah Kec.Langkaplancar, tetapi kami tidak mau ketinggalan dengan desa lain dalam berbagai hal, terutama kemajuan pembangunan untuk kepentingan masyarakat.”ujar MA Idi dan Herdi kepada LINTAS PENA.

Dalam hal ini, Pemdes Jadimulya dan Pemdes Sukamulya misalnya mengajukan proposal untuk memperoleh bantuan dana kepada pemerintah daerah maupun pusat, yang diperuntukan pembangunan sarana prasarana di kedua desa tersebut. Hasil pengajuan proposal tersebut antara lain, pada bulan Oktober 2010 masing-masing mendapatkan kucuran dana bantuan dari Pemerintah Pusat yaitu bantuan simulasi pembangunan, perumahan, swadaya (BSP2S) atau peningkatan kualitas perumahan 50 KK /desa x Rp. 5.000.000, serta dana bantuan untuk pengaspalan jalan yang masing-masing desa mendapat Rp.50 juta. Dengan anggaran pengaspalan jalan tersebut, dari kedua desa itu total biaya menghabiskan sebesar Rp. 180.000.000, sehingga sisanya dipikul oleh swadaya masyarakat.

“ Harapan kami, dalam upaya pengerjaan baik peningkatan kualitas perumahan maupun pengaspalan jalan jalur transportasi dalam pelaksanaannya tak ada suatu hambatan dan kendala, terutama menghadapi turunnya dana pada termen yang kedua nanti.” jelas MA Idi dan Herdi mengakhiri obrolan. (DENI KOSWARA)***