Ciamis, LINTAS PENA

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pangkalan Kec.Langkaplancar merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, yang tidak ketinggalan dengan sekolah-sekolah lainnya yang sederajat. Karena MAN Pangkalan ini mengalami banyak kemajuan dan perkembangan lebih pesat di segala bidang, misalnya sarana dan prasarana gedung sekolah lantai 2 sebagai penunjang pendidikan , bahkan yang tak kalah mewah plus fasilitas memadai sehingga menjadi kebanggaan bagi warga kec.Langkaplancar.

“Selama ini, kami memang terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan serta sarana prasarana yang dapat menunjang meningkatnya mutu pendidikan. Karena misi sekolah kami sudah jelas, yakni mencetak insan berakhlak mulia, berbudi luhur dengan berjiwa sosial dan handal di era globalisasi,”ungkap Drs. Undang Abdul Hamid, Kepala Sekolah MAN Pangkalan kepada LINTAS PENA pekan kemarin.

Walaupun jauh dari pusat kota Kecamatan Langkaplancar, tetapi MAN Pangkalan ini dapat dikategorikan sebagai sekolah yang mampu bersaing dengan sekolah sederajatnya, tak terkecuali dengan sekolah yang ada perkotaan wilayah Kabupaten Ciamis. Karena itu tak mengherankan, bila MAN Pangkalan merupakan sekolah terfavorit sekaligus sekolah kebanggaan warga masyarakat di lingkungan wilayah Kecamatan Lankaplancar Bagian Barat untuk menyekolahkan putra putrinya.

Undang Abdul Hamid mengaku sangat bersyukur, karena sekolah yang dipimpinnya bisa diterima warga masyarakat. “Insyaallah, kami beserta rekan-rekan pendidik bersemangat untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional yang berkualitas dalam pengembangan kualitas mutu pendidikan, misalnya bidang studi maupun program studi dan extrakurikuler. Dengan adanya pendukung yang lainnya untuk menghasilkan prestasi yang diraih oleh anak juga dapat menghasilkan tamatan yang mempunyai pengetahuan luas serta dapat mampu bersaing dalam era globalisasi.”paparnya.

Keberhasilan yang diperoleh siswa MAN Pangkalan itu, lanjut Undang Abdul Hamid, tiada lain berkat adanya dukungan dari semua pihak warga sekolah termasuk Komite Sekolah saling bahu membahu untuk memajukan dunia pendidikan , terutama dalam peningkatan prestasi.

Dalam tugas kesehariannya, Drs.Undang Abdul Hamid dibantu tenaga pengajar bersertifikasi guru honor 20 orang, guru PNS 6 orang, dan tenaga TU 6 orang 1 orang PNS, dengan jumlah siswa yang menimba ilmu 315 orang terdiri dari wilayah Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya dan Cilacap.

Adapun prestasi yang pernah diraih MAN Pangkalan di antaranya Paskibra Juara I Voly Ball Putra Tingkat Kabupaten Ciamis, Lomba Prestasi masuk di tingkat Propinsi Jawa Barat. Juga ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai, misalnya ruang perpustakaan, sarana olahraga, laboratorium IPA dan akademik membaca Al-Qur’an, membaca hadits. Sebagaimana tujuan utama MAN Pangkalan ingin mewujudkan generasi muslim maka pihak sekolah senantiasa untuk meningkatkan berbagai bidang baik sarana dan prasarana maupun fasilitas yang pada khususnya peningkatan kualitas pendidikan nasional.

Udang Abdul Hamid menjelaskan, bahwa berdirinya MAN Pangkalan ini pada tahun 1988 masih swasta dan tahun 1997 sudah negeri sampai sekarang, dengan pendiri KH. Anwar Sanusi (Alm) sebagai ulama tokoh besar. (DENI KOSWARA/REDI RAHMAT EFENDI)***