Kabupaten Tasikmalaya, LINTAS PENA

Kodim 0612 Tasikmalaya bersama ratusan warga, LSM, Polsek Cipatujah, ormas seperti Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan KNPI, Kompepar, Dinas Kehutanan & Perkebunan Kabupaten Tasikmalaya, anggota Pramuka, pegawai Kecamatan Cipatujah melakukan penghijauan di kawasan Pantai Selatan Kabupaten Tasikmalaya, khususnya di Panyai Sindangkerta.

“Kawasan pantai selatan di Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu lokasi yang termasuk dalam program penanaman 1 miliar pohon yang dicanangkan pemerintah. Karena itu, Kodim 0612 berinisiatif menjadikan sepanjang pantai selatan ini sebagai lokasi utama penghijauan di Kabupaten Tasikmalaya, khususnya wilayah Koramil Cipatujah,”ungkap Letkol Inf.Bahram, Dandim 0612 kepada wartawan, kemarin.

Kegiatan penanaman pohon tersebut selain untuk mengatasi dampak global warning, menurut Letkol Inf Bahram, juga menjaga agar kondisi pantai tidak mengalami abrasi. Bahkan, tanaman ini ke depan bisa menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat, baik dari produksi kayunya maupun dari buah, dan bio-dieselnya.” Adapun jumlah tanaman yang bisa dikelola oleh anggota kami mencapai 53.325 pohon,”tuturnya.

Dandim menjelaskan, beberapa jenis tanaman untuk penghijauan kawasan pantai selatan di Kabupaten Tasikmalaya itu antara lain albasia, trembesi, manglid, jabon, hutaoulo, suren dan buah-buahan seperti rambutan, dan durian. Juga pihaknya saat ini mempunyai lahan khusus yang ditanami pohon albasia di Desa Ciandum Kecamatan Cipatujah seluas 2,5 hektar.

“Dalam beberapa tahun mendatang, pohon albasia yang kami tanam di lahan seluas 2,5 hektar itu sudah bisa dipanen dan diharapkan bisa membantu kesejahteraan anggota Koramil setempat. Langkah ini tak akan berhenti sampai di sini, karena sesuai perintah Danrem 062 Tarumanagara Pak Kol.Inf.AsrobudiS.SP, tiap-tiap Koramil juga melakukan penghijauan sendiri,” jelas Dandim 0612 Letkol Inf Bahram. (REDI MULYADI)***