Ciamis, LINTAS PENA

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan serta prestasi peserta didik, maka SDN 2 Bangunjaya di lingkungan UPTD Pendidikan Langkaplancar Kab.Ciamis ini, salah satunya menyelenggarakan ekstrakulikuler secara optimal. Karena itu tak mengherankan, bila sekolah dasar ini cukup terkenal di wilayah Kec.Langkaplancar.

“Kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi anak-anak baik akademik maupun non-akademik sesuai dengan tujuan sekolah kami yang berupaya mencetak insan taqwa, cerdas, terampil dan berkarya,”ungkap Jono Heryanto SPd, Kepala SDN 3 Bangunjaya kepada LINTAS PENA di ruang kerjanya.

Jono Heryanto mengatakan pula bahwa misi sekolah saat ini di antaranya menyelenggarakan program pendidikan yang berakar pada sistem nilai, adat istiadat agama dan budaya masyarakat dengan tetap mengikuti dunia luar agar harapan untuk mencetak insan yang taqwa, cerdas, terampil dan berkarya.

“Namun demikian, untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi belajar siswa, tentu saja perlu ditunjang sarana prasarana dan fasilitas yang memadai,”tuturnya.

Sedangkan di SDN 3 Bangunjaya, menurut Jono Heryanto, saat ini hanya mempunyai ruangan belajar 5 ruang kelas, 2 ruang kelas RKB cukup baik, 3 ruang kelas ringan. Jadi kalau dilihat dari sarana masih membutuhkan 1 ruang kelas dan 1 ruang untuk kantor, jumlah pendidik berjumlah 7 orang pendidik, (5 guru PNS dan 2 guru tenaga honorer) jumlah peserta didik sebanyak 120 siswa.

Dalam kesehariannya, Jono Heryanto, S.Pd selaku Kepala SDN 3 Bangunjaya kepada rekan-rekan pendidiknya benar-benar menanamkan untuk sikap jujur dan disiplin. Karena sikap itu sangat penting bahwa guru itu merupakan suatu jabatan dan profesi guru yang harus digugu juga biasa ditiru, dengan hal ini guru itu harus memberikan contoh tauladan yang baik yang sehingga anak-anak itu merasa tertarik dengan gaya bahasa dan prilaku. “Guru itu merupakan fundamental untuk membangun SDM yang berkualitas dan handal” ujar seorang tokoh masyarakat yang berada di lingkungan SDN 3 Bangunjaya. (DENI KOSWARA/REDI RAHMAT EFENDI)***