Ciamis, LINTAS PENA

MTs YPAK Cigugur yang berada di ruang lingkup Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kab.Ciamis senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dengan harapan para lulusan sekolah ini menjadi sosok insane yang taqwa, cerdas, terampil dan berkarya nyata sebagai generasi muslim penerus harapan bangsa.

“Walaupun status sekolah kami masih swasta, tetapi kami senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di segala bidang, baik akademik maupun non-akademik. Dengan harapan, sekolah yang kami kelola bisa diterima masyarakat luas untuk menyekolahkan putra-putrinya,” ujar Aan Anwar S.Pd.I, Kepala MTs YPAK Cigugur kepada LINTAS PENA pekan lalu.

Aan Anwar mengaku, bahwa salah satu penunjang untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik, yakni adanya sarana-prasarana yang memadai agar memberikan kenyamanan saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) antara siswa dengan guru. Sementara itu, sarana bangunan yang dimiliki MTs YPAK Cigugur hanya memiliki 5 ruang kelas yang terdiri dari 2 ruang kelas cukup baik, 2 ruang kelas sedang, dan 1 ruang kelas kondisinya rusak parah (ambruk) akibat gempa bumi pada 9 September 2009 yang lalu.

“Karena kondisi ruang kelas ambruk saat gempa bumi tempo hari, kami mengajukan proposal perbaikan untuk 3 ruang kelas, tetapi 1 ruang kelas belum juga ada realisasi untuk dilakukan perbaikan sehingga tidak bisa digunakan untuk KBM,”jelas Aan Anwar.

Walaupun kondisi sarana bangunan (ruang kelas) yang kurang memadai, menurut Aan Anwar, tetapi pihaknya tetap berusaha untuk meningkatkan kinerja rekan-rekan staf pengajar sebagai guru professional agar tercapainya kualitas pendidikan di MTs YPAK Cigugur. Pada saat ini, jumlah peserta didik yang menimba ilmu di sekolah ini sebanyak 111 siswa. Sedangkan jumlah staf pengajarnya terdiri 2 orang guru berstatus PNS, 10 orang guru honorer dan 3 orang staf TU.

Bukti keseriusannya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tersebut, maka MTs YPAK Cigugur banyak meraih prestasi yang membanggakan, di antaranya Juara I untuk cabang olahraga bulutangkis, volley ball putra, MTQ, Lomba Pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Arab meski tingkat Kota Pangandaran. (DENI KOSWARA/REDI RAHMAT EFENDI)***