Ciamis, LINTAS PENA

Walaupun berada di wilayah selatan Kab.Ciamis, ternyata SMPN 1 Langkaplancar sarat dengan prestasi yang cukup membanggakan, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Hal itu tiada lain, karena pola pembelajaran di SMPN 1 Langkaplancar yang mengutamakan kedisiplinan termasuk dalam meraih prestasi, misalnya belum lama ini salah seorang siswanya meraih Juara I olahraga tenis meja tingkat Kab.Ciamis dan prestasi lainnya.

“Alhamdulillah, sekolah kami mampu berprestasi di tingkat kabupaten, baik di bidang akademik maupun non-akademik.Semua prestasi yang diraih itu berkat adanya kesinambungan antara siswa dan guru, sekolah dan komite, serta masyarakat terutama orangtua siswa,”ujar Gaga Margana, SPd Wakil Kepala mewakili Yayan Cahyaman, S.Pd Kepala Sekolah SMPN 1 Langkaplancar kepada LINTAS PENA.

Pada saat ini, menurut Gaga Margana didampingi Kepala TU Jahidin Sudianto , jumlah peserta didik yang menimba ilmu di SMPN 1 Langkaplancar sebanyak 287 siswa, sementara jumlah tenaga pendidiknya 16 orang (10 guru PNS dan 6 guru honorer) serta 3 orang staf TU yang berkesinambungan dalam memajukan sekolah ini, terutama dalam meraih berbagai prestasi. Juga sarana-prasarana dan fasilitas sekolah yang cukup memadai, misalnya, fasilitas computer bagi anak-anak agar tidak ketinggalan dalam teknologi dan informasi.

Gaga Margana mengatakan, keberhasilan prestasi yang diraih SMPN 1 Langkaplancar senantiasa berpegang pada motto:“Bangkit Berkarya Menuju Masa Depan Yang Inovatif” dan “Berprestasi Melalui pengembangan Kompetensi yang Inovatif” serta berkesinambungan dengan semua pihak.

Selain sarat berbagai prestasi akademik dan non-akademik, SMPN 1 Langkaplancar ternyata memiliki sebuah grup Qasidah Bangkit yang sering tampil pentas, sehingga cukup dikenal warga Kec.Langkaplancar. “ Grup kesenian Qosidah Bangkit yang personilnya siswi SMPN 1 Langkaplancar sudah mampu memperlihatkan kebolehannya diatas panggung bahkan sering mengisi kegiatan-kegiatan acara lain diluar sekolah kami.”ungkap Gaga Margana bengga dengan aktivitas siswanya. (DENI KOSWARA/REDI RAHMAT EFENDI)***