Oom Daryono SPd, MPd adalah Kepala SMPN 1 Purwadadi di lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Ciamis yang selama ini dikenal sosok pemimpin yang aspiratif dan responsive dalam upaya memajukan serta mengembangkan lembaga pendidikan yang dipimpinnya.Betapa tidak! Sejak dipimpinnya, SMPN 1 Purwadadi mengalami banyak kemajuan, terutama telah berhasil membangun sejumlah sarana dan prasarana baik dari batuan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dengan tujuan untuk menunjang peningkatan kegiatan belajar mengajar (KBM) kualitas pendidikan di sekolah menengah ini.
“Kami akui, walaupun lokasi SMPN 1 Purwadadi ini berada di daerah terpencil yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, ternyata banyak mengalami kemajuan terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan di sekolah ini. Hal itu tentunya tidak terlepas dari kepemimpinan Oom Daryono selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Purwadadi yang jujur, terbuka, aspiratif dan responsive,”ungkap Uhin S.IP, Ketua Komite SMPN 1 Purwadadi kepada LINTAS PENA di rumahnya Jl.Karangpaningal Desa Sukamulya Kec. Purwadadi.
Sementara itu, Oom Daryono SPd MPd ketika disambangi LINTAS PENA mengaku bahwa lembaga pendidikan yang dipimpinnya tidak memiliki kelebihan apa-apa, dan hanya mengucap “Alhamdulillah’ ketika mendapat pujian dari masyarakat yang menyebutkan SMPN 1 Purwadadi mengalami banyak kemajuan.
“Semua pembangunan sarana dan prasarana yang kami lakukan itu merupakan hasil kerjasama berkesinambungan antara warga sekolah, komite sekolah maupun Dinas Pendidikan Kab.Ciamis yang menjadi kepanjangan tangan pemerintah.”tutur Oom Daryono.
Namun dia mengaku, bahwa sarana dan prasarana yang ada saat ini sebenarnya masih kurang dalam mendukung peninngkatan kualitas pendidikan di sekolahnya, seperti masih membutuhkan ruang kelas baru, benteng sekolah, mesjid tempat parkir, serta penataan lingkungan hidup di kampus ini. “Jadi, kami masih membutuhkan fasilitas atau sarana prasarana lainnya yang belum ada,”katanya.
Selain itu, untuk tenaga pendidik meski sudah ada 26 guru termasuk tenaga hononer, tetapi belum memiliki guru Bahasa Inggris yang berstatus PNS.”Kami saat ini membutuhkan tenaga guru Bahasa Inggris yang PNS dan kiranya Disdik Ciamis memperhatikannya,”
Hal menggembirakan, sekitar 85% staf guru di SMPN 1 Purwadadi sudah memiliki sertifikat kelulusan guru (sertifikasi), sehingga diharapkan dapat mendongkrak kualitas pendidikan dan prestasi peserta didik. Buktinya prestasi siswa-siswi SMPN 1 Purwadadi cukup menggembirakan baik di tingkat komisariat maupun kabupaten di bidang olahraga, kesenian, bidang studi/akademik dan lainnya, termasuk ekstrakulikuler pramuka, Paskibra dan kesenian. (TOTO SUYANTO)***