Kota Tasik, LINTAS PENA

Sejak berdiri tahun 1981 yang lalu, SMK MJPS 3 Kota Tasikmalaya dari tahun ke tahun mengalami banyak kemajuan, terutama dalam berupaya mencetak manusia yang mampu hidup mandiri. Karena itu tak mengherankan, bila keberadaan sekolah kejuruan ini semakin dikenal masyarakat luas untuk menyekolah putra-putrinya.

Apalagi ditunjang dengan tanaga pengajarnya terdiri dari guru negeri yang dipekerjakan di swasta, guru angkatan dari yayasan dan guru honorer dari sekolah negeri yang jumlahnya 65 orang. Sarana belajar terdiri dari ruang teori, ruang gambar, laboratorium komputer dan internet, laboratorium otomotif, laboratorium elektronika, laboratorium administrasi perkantoran, laboratorium akuntansi, laboratorium fabrikasi, laboratorium kerj abangku, laboratorium kerja mesin, lapangan upacara, dan lapangan olahraga.

“Seiring dengan kemajuan zaman saat ini, sekolah kejuruan yang kami kelola senantiasa berusaha menciptakan SDM yang siap kerja dan mampu hidup mandiri, “ungkap Drs. H. Iman Budiaman, Kepala SMK MJPS 3 Tasikmalaya berlokasi di Jl. Ciwaas Tamansari.kepada LINTAS PENA.

Dia mengatakan, bahwa jumlah siswa SMK MJPS 3 tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 640 orang siswa dibawah bimbingan 3 orang wakasek yaitu Wakasek Bidang Akademis, Dunia Usaha, dan Industri Muchlis, SPd., Wakasek Bidang Sarana dan Prasarana Ponidi, SPd. dan Wakasek Bidang Kesiswaan Karmana, SE.

Drs. H. Iman Budiaman menjelaskan bahwa visi SMK MJPS 3 adalah “Dengan Iman dan Taqwa, SMK MJPS 3 Tasikmalaya menjadi sekolah unggul yang dapat menghasilkan lulusan siap kerja sesuai kebutuhan industri dan mampu kerja mandiri di tahun 2013.” Sedangkan misinya yaitu untuk mempersiapkan penampilan sekolah yang dapat menarik minat peserta didik, menyediakan sarana dan prasaranan sesuai standar, menyelengarakan pendidikan dan latgihan sesuai kebutuhan industri, meningkatkan mutu layanan prima dengan menerapkan pembelajaran berbasis ICT, dan mengadakan jalinan kerjasama dengan industri sebagai mitra kerja.

Adapun fasilitas penunjang yang ada di SMK MJPS 3 yakni bursa kerja khusus (BKK) untuk membantu penyaluran kerja para lulusan, beasiswa dari pemerintah untuk siswa yang berprestasi dalam bidang akademis dan keterampilan, beasiswa dari majelis, Bantuan Walikota (bawalkot), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Bantuan Gubernur (Bagus) bagi siswa yang tidak mampu, ekstra olahraga, pramuka, OSIS, pencinta alam, kesenian dan komputer, Diklat Elektronika setiap tahun, dan mesjid sekolah.

Pendidikan dan pengajaran yang diadakan diantaranya kegiatan praktek yaitu teknik otomotif/ teknik kendaraan ringan terdiri dari praktek kerja bangku, praktek motor otomotif, praktek kelistrikan otomotif, praktek chasis, praktek kelas dasar, dan praktek engine otomotif. Selanjutnya teknik komputer informatika/ rekayasa perangkat lunak (RPL), teknik elektronika/ teknik audio, administrasi perkantoran dan keuangan akuntansi.

“Kami senantiasa mengharapkan kepada seluruh siswa SMK MJPS 3 Tasikmalaya dalam mengikuti pelajaran dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, agar segala cita-cita dan harapan orang tua bisa terlaksana untuk bekal di kemudian hari.”jelas Drs. H. Iman Budiaman. (U. WACHYU/ UDAN)***