Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA

Dengan telah berakhirnya masa bakti kepengurusan OSIS (Organaisasi Siswa Intra Sekolah) periode 2009- 2010 di bawah kepemimpinan Anzare Hasan dan Muthahari (Kelas IX H) , maka sejak dua minggu lalu telah dimulai proses pemilihan kepengurusan OSIS periode 2010- 2011 yang diawali dengan penjaringan bakal calon Ketua oleh MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas). Setelah didapat bakal calon, dilanjutkan dengan kampanye (penyampaian visi-misi) lalu puncaknya adalah Pemilihan Ketua OSIS.

Ketua MPK Syifa Istahani (Kelas IX C) menjelaskan, mula-mula dicalonkan sebanyak 6 orang bakal calon Ketua OSIS yang merupakan perwakilan 24 kelas dari kelas VII,VIII dan IX “Dari kelas IX tidak boleh lagi mencalonkan diri atau dicalonkan kelasnya menjadi bakal calon Ketua Osis. Ini ketentuan,” jelasnya.

Selanjutnya dari bakal calon tersebut dipilih menjadi 3 pasang calon ini mereka diberi kesempatan menyampaikan visi-misinya di hadapan seluruh siswa. Oleh MPK dengan mempertimbangkan masukan dari guru akan ditetapkan hanya enam orang saja. Keenam kandidat tersebut akan bersaing memperebutkan kursi Ketua OSIS tidak ubahnya seperti pasangancapres, cagub atau cabup.

Pada tanggal 11 November 2010 bertempat di Lapang Upacara SMPN 1 Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya telah berlangsung pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Pemilihan ini diikuti oleh seluruh murid yang berjumlah sekitar 847 orang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah Bidang Kesiswaan.

Wakasek Bidang Kesiswaan Supriatna, S.Pd. menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar berdemokrasi. Mereka diberi kesempatan memilih dan dipilih secara langsung, jujur dan adil.

Kepala SMPN 1 Bantarkalong Drs. Zaenal Muttaqin, M.Pd. dalam kata sambutannya mengatakan, dari kegiatan ini diharapkan muncul kesadaran pada diri dan pribadi siswa SMP Negeri 1 Bantarkalong terhadap pentingnya memilih pemimpin yang layak dipimpin dan siap memimpin dengan kaidah dan aturan sebagaimana dicontohkan Rasullullah SAW. “Di sisi lain diharapkan murid yang tidak menjadi pemimpin siap menjadi orang yang dipimpin dengan tetap memperlihatkan kontrol dan kritis terhadap setiap kebijakan yang diambil pimpinannya. Hal ini diupayakan dengan sungguh-sungguh sehingga OSIS akan menjadi ajang pelatihan yang sesungguhnya bagi para peserta didik, “ungkapnya.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia Penyelenggara Mely DianaYusuf ( Kelas IX H) setelah melewati serangkaian pemilihan Ketua OSIS yang dimulai dari kampanye, mendengar paparan visi dan misi tiga pasang calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS hingga pencoblosan yang dilaksanakan pada hari H.. Akhirnya, pasangan Nisa Nurul A. (VIII E) – Gita Fitria(VII E) dengan nomor urut 1 terpilih secara sah menjadi Ketua OSIS SMP Negeri 1 Bantarkalong Periode 2010/2011 meraih suara terbanyak yaitu 415 suara, dari 847 pemilih mengungguli dua kandidat lainnya yaitu pasangan nomor urut 2 Ernawati Dewi (VIII D)- Hilma Awalia Rahmah (VII A) yang meraih 134 suara, dan pasangan nomor urut 3 Ihsan Ardiansyah (VIII A) – Iyang Aditya (VII F) yang meraih 220. suara, Sementara itu, ada 34 kertas suara yang rusak dan kertas yang tidak sah karena tidak dicoblos.(Kang Zei)***