Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA

Ada banyak cara dilakukan untuk melatih kedisiplinan dan jiwa kemandirian siswa, khususnya remaja seusia SMP. Salah satunya dengan kegiatan Pramuka, misalkan dalam bentuk kemah, seperti yang di lakukan SMPN 14 Tasikmalaya. Kegiatan kemah yang diselenggarakan selama 3 hari ini diikuti sekitar 300 siswa bertempat di lapangan Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya

“ Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan menanamkan jiwa kepemimpinan dan kedisiplinan para siswa. Juga untuk menumbuhkan jiwa sosial baik kepada sesama ataupun kepada lingkungannya,”Dini Swardiyana, pembimbing kegiatan pramuka di SMPN 14 Tasikmalaya kepada LINTAS PENA.

Dini juga menambahkan, kegiatan kemah merupakan agenda yang setiap tahunnya dilaksanakan di SMPN 14 Tasikmalaya. “Selain itu dengan berkemah kita juga mengajarkan tentang nilai-nilai social, baik terhadap sesama maupun terhadap lingkungan sekitar mereka, sehingga hal tersebut memudahkan mereka untuk bersosialisasi dengan siapapun, “tegasnya.

Kegiatan Pramuka mempunyai manfaat yang positif bagi masa depan anak didik, terutama dalam hal kemandirian dan kepemimpinan. Dengan memberikan pelajaran kemandirian dan kedisiplinan sejak dini, maka diharapkan kelak mereka akan menjadi pemimpin yang berjiwa kesatria dan bijaksana, karena di negara Indonesia ini sangat dibutuhkan pemimpin yang bijaksana, baik dalam bertindak maupun dalam mengambil suatu keputusan.

“Selain itu manfaat yang didapat selanjutnya adalah mereka mempunyai jiwa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitar mereka sehingga hal tersebut memudahkan mereka untuk bersosialisasi dengan siapapun.”ungkap Dini Swardiyana. (WARTONO)***