Ciamis, LINTAS PENA

Walau bagaimanapun, warga Rt.14/03 di Dusun Mekarsari Desa Cikupa Kec. Banjarsari Kab. Ciamis tampak gembira dengan selesainya pembangunan Mesjid Jami yang menghabiskan dana sebesar Rp. 72 juta. Adapun sumber dana untuk membangun tempat ibadah tersebut antara lain yakni swadaya masyarakat Rt 14 sebesar Rp.52 juta dan sisanya Rp.20 juta bantuan dari Pemkab Ciamis.

Ketua Pelaksana Pembangunan Mesjid Jami Rt.14, Eman mengatakan bahwa bangunan mesjid jami tersebut telah dikerjakan sampai saat ini 90%, dan yang lainnya tinggal pemasangan kaca dan pengecatan tembok. Dalam pengerjaannya tak lepas dari komitmen dengan konsultan, sehingga bangunan ini berpedoman pada gambar dan tidak menyimpang dari aturan juga sesuai dengan bistek.

Hadin selaku Ketua Rt.14 mengatakan, dengan selesainya pembangunan Mesjid Jami ini diharapkan akan lebih meningkatkan dalam bidang keagamaan terutama mendekatkan diri kepada Tuhan YME, karena mesjid merupakan sarana tempat untuk beribadah yang fundamental.” Kami atas nama warga ke-RT-an 14 Dusun Mekarsari mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak pemerintah Kab. Ciamis yang telah membantu dana kekurangan anggaran untuk pembangunan mesjid jami,” ujarnya.

Hadin pun mengajak kepada warganya untuk bersama-sama memanfaatkan bangunan mesjid jami tersebut dipakai beribadah dan tolabul ilmu mingguan dan bulanan sehingga masyarakat jadi sadar akan pentingnya bermasyarakat, bernegara dan beragama.

“Kami merencanakan, bahwa Mesjid Jami ini pada siang hari dapat digunakan kegiatan madrasah diniyyah dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan keagamaan bagi anak-anak di lingkungan RT 14. Selain itu, hami pun berharap kepada Pemdes Cikupa untuk memikirkan tenaga pengajar di madrasah diniyyah nantinya,” jelas Hadin. (DENI KOSWARA)***