Ciamis, LINTAS PENA

Sikap jujur dan disiplin sangat penting dalam menjalankan suatu pekerjaan. Sikap ini dibutuhkan dalam mengembangkan profesionalisme untuk memimpin suatu kelembagaan seperti yang selalu ditanamkan Lili, S.Pd dalam kesehariannya memimpin SDN 2 Bangunjaya di lingkungan UPTD Pendidikan Kec. Langkaplancar, Kabupaten Ciamis,

“Kami menyadari, bahwa kejujuran merupakan faktor penting di dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas, maka kami akan terus berupaya melakukan pembenahan dan penataan tentang cara dan upaya mengenai sarana dan prasarana.” ungkap Lili, SPd kepada LINTAS PENA.

Sarana bangunan yang dimiliki SDN 2 Bangunjaya sebanyak 5 ruang kelas dinilai sudah cukup bagus, Kini tinggal 1 ruang kelas lagi perlu ada perhatian dari pemerintah untuk memperoleh bantuan renovasi. ”Kondisi ruang kelas yang memadai akan memberikan kenyamanan dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) antara siswa dengan guru,” tuturnya.

Selain itu, menurut Lili, SDN 2 Bangunjaya belum memiliki ruang kantor, ruang perpustakaan dan musholla yang masih dibutuhkan, karena selama ini masih menyatu dengan ruang kelas. ”Harapan kami, kiranya pemerintah pun memberikan bantuan dana untuk ruang kantor, perpustakaan dan mushola baik melalui DAK maupun roll sharing,” jelas Lili SPd.

Dia mengakui, bahwa profesi guru merupakan fundamental untuk membangun SDM yang berkualitas dan handal, termasuk peserta didik yang menimba ilmu di SDN 2 Bangunjaya. ”Karena itu, saya selalu menekankan kepada rekan-rekan guru akan berusaha untuk meningkatkan kinerja sebagai guru yang professional dalam KBM agar menghasilkan SDM atau lulusan dari sekolah ini berkualitas,” paparnya. (DENI KOSWARA)***