Kab.Tasik, LINTAS PENA

Semua sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kab. Tasikmalaya hendaknya meningkatkan kompetensinya untuk menyongsong hari depan para siswanya. Dengan sendirinya, perlu dilakukan uji kompetensi melalui lomba kompetensi siswa untuk mencapai tingkat kompetensi yang lebih tinggi.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tasikmalaya Drs.H.Moch.Zein MPd pada acara pembukaan kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se-Kab. Tasikmalaya yang berlangsung di kampus , Sabtu kemarin. Pada kesempatan itu, hadir seluruh Kepala Sekolah SMK negeri maupun swasta yang ada di Kab.Tasikmalaya, disamping para siswa yang akan bertanding. “Namun hal itu perlu didukung baik oleh kecerdasan emosional maupun kecerdasan intelektual para siswa.” ujarnya.


Kadisdik Kab. Tasikmalaya meminta, bahwa yang terpenting dikuasai lulusan SMK yakni menjadi karakter manusia terdidik dan memiliki karakteristik antara lain kemampuan berkomunikasi, kemampuan berfikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berinteraksi dalam kelompok, kemampuan memahami pemahaman global dan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi.

Drs. Moch. Zein MPd mengharapkan, pelaksanaan lomba harus dilaksanakan dengan prinsip Fair Play, sportif sehingga menghasilkan juara yang benar-benar berkualitas. “Bagi siswa yang meraih juara harus tetap berlatih untuk mempersiapkan diri pada event tingkat provinsi dan nasional,” katanya

Sementara itu, Drs. Denny H. Gandasapoetra, MM, selaku Ketua Penanggung Jawab Kegiatan LKS SMK Kab.Tasikmalaya tahun 2010 mengatakan, kegiatan LKS SMK kali ini diikuti oleh para siswa dari 53 SMK negeri/swasta yang ada di Kab.Tasikmalaya. Dalam LKS ini yang dilombakan antara lain: Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Informatika, Bisnis Managemen, Adiktif dan Normatif dan Olahraga (voli, basket, futsal).

“Kegiatan LKS SMK merupakan wahana kompetisi keterampilan siswa dan merupakan bagian integral dari program strategis Pemkab Tasikmalaya yakni peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan pada SMK. Selain itu, juga untuk mempersiapkan LKS SMK tingkat provinsi yang akan digelar Novemver 2010 mendatang, dan diharapkan kontingen SMK Kab.Tasikmalaya tetap unggul dan meraih prestasi gemilang,” jelas Ketua MKKS SMK Kab. Tasikmalaya ini.

Denny H.Gandasapoetra berharap, melalui kegiatan LKS-SMK diharapkan akan tumbuh dan berkembang budaya dan sikap hidup “juara” di lingkungan SMK, khususnya di lingkungan siswa. “Mereka harus memiliki keunggulan kemampuan, mental, dan motivasi untuk selalu menjadi yang terbaik,” kata Kepala SMK Plus Serba Bakti Suryalaya ini.

Selanjutnya dia mengatakan, thema yang diambil pada kegiatan LKS SMK Tingkat Kabupaten Tasikmalaya, yakni: “Dengan Lomba Kompetensi Siswa SMK Kita Kokohkan Semangat Kebersamaan membangun SDM yang Cakap, Andal dan Berakhlaqulkarimah”. (REDI MULYADI/RATNA SARI DEWI)***