Kab.Ciamis, LINTAS PENA

Kamis siang kemarin, suasana di lapangan upacara SMPN 2 Panumbangan tampak ramai, karena ratusan siswa berkumpul. Ada panggung kecil dan beberapa siswa berada di atasnya. Para siswa yang kumpul itu bukan hendak upacara bendera, tapi mereka tengah mendengar orasi dari para kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang menggelar kampanye untuk menjelang Pemilihan Ketua OSIS periode mendatang.

“Ini merupakan bentuk pembelajaran dalam pelaksanaan demokrasi di sekolah melalui pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di SMPN 2 Panumbangan, mulai dari pendaftaran calon, penyebaran pamphlet bakal calon, kampanye untuk memaparkan visi misinya, dan proses pemilihannya secara langsung,” ungkap Nana Sutrisna S.Pd,M.Pd, Kepala SMPN 2 Panumbangan kepada LINTAS PENA.

Nana menjelaskan, bahwa pendidikan demokrasi harus dimulai dari sekolah sebagai benteng terakhir persemaian ilmu, yang manfaatnya sangat besar bagi para siswa.”Karena itu, kami menyerahkan proses awal hingga akhir dalam pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS kepada siswa sebagai media pembelajaran.Namun yang penting, tujuannya demi kemajuan pendidikan melalui OSIS yang tentu saja memiliki program kegiatan,”tuturnya.

Keterangan yang diperoleh menyebutkan, bahwa pasangan calon yang akan tampil pada Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di SMPN 2 Panumbangan untuk memperebutkan suara 530 siswa. Para calon dalam ‘kampanye’nya memaparkan visi misi yang diembannya untuk kemajuan OSIS di SMPN 2 Panumbangan ini. (REDI MULYADI)***