Kota Tasik, LINTAS PENA

Ucu Anwar Surahman selama ini dikenal memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup dan juga aktivitis LSM Koordinator Peduli Lingkungan Hidup (KOPLING) Kota Tasikmalaya. Karena itulah, ketika mendapat tugas Kepala UPTD Pendidikan Purbaratu, maka langkah awal yang dilakukannya yakni menerapkan program Lingkungan Sekolah Bersih.

“Dengan suasana lingkungan sekolah yang bersih dan asri, tentu saja akan memberikan kenyamanan saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar, serta diharapkan dapat memberikan semangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing,”ungkapnya.

Ucu menjelaskan, bahwa penerapan kepedulian dan kecintaan terhadap kelestarian lingkungan hidup harus dimulai atau diterapkan kepada anak-anak sekolah tingkat dasar, termasuk dalam hal pemeliharaan kebersihan lingkungan. Jika di sekolah sudah diterapkan kepada anak-anak, maka diharapkan akan membawanya ke lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing, khususnya di lingkungan keluarga.

“Jika sejak anak-anak sudah dibiasakan memelihara kebersihan dan peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup, maka kelak dewasa akan peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup,”tutur mantan guru guru SMPN 9 Tasikmalaya dan pengawas TK/SD di lingkungan UPTD Pendidikan Bungursari ini.

Dengan menerapkan program Lingkungan Sekolah Bersih di wilayah kerja UPTD Pendidikan Purbaratu, tentu saja mendapat respon positif dari pihak sekolah, dan bahkan warga yang berada di sekitar sekolah menyambut baik. Buktinya, suasana di 15 sekolah dasar di Purbaratu kini tampak bersih dan asri. (REDI MULYADI/RATNA SARI DEWI)***