Tasikmalaya, LINTAS PENA

Kwaran Gerakan Pramuka di lingkungan UPTD Pendidikan Purbaratu mengadakan kegiatan Perkemahan Lomba Tingkat (LT-2) di Desa Singkup dan pembukaannya dihadiri Ketua Harian Kwarcab Drs. H. Endang Suherman M.Pd yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Senin pekan kemarin. Kegiatan perkemahan LT 2 yang berlangsung selama tiga hari itu diikuti oleh 600 anggota pramuka dari 24 gugus depan.

“Perkemahan LT 2 ini merupakan kegiatan yang pertama bagi anggota Gerakan Pramuka Kwaran Purbaratu setelah berpisah dengan Kwaran Cibeureum sejak bulan Maret 2010 yang lalu,” kata Yaya Suryana Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Purbaratu.

Yaya Suryana mengungkapkan, bahwa peserta perkemahan LT 2 sebanyak 600 anggota pramuka dari 24 gugus depan tersebut yang terdiri dari 15 Sekolah Dasar (SD), 5 Madrasah Ibtidaiyyah (MI) dan 4 Madrasah Tsanawiyyah (MTs). Selama berlangsungnya perkemahan LT 2 tersebut diisi oleh berbagai kegiatan kepramukaan seperti baris berbaris, pengetahuan kepramukaan dan umum, gladi tangkas, lintas alam, membuat panorama, MTQ/pengajian, membuat peta lokasi, hasta karya kreasi lapangan, teknik penjernihan air, bakti social berupa penghijauan dengan melakukan penanaman aneka jenis pohon dan kegiatan lainnya.

“Dengan adanya Perkemahan LT 2 ini membuktikan bahwa kegiatan ektrakulikuler Gerakan Pramuka di lingkungan UPTD Purbaratu tetap eksis dan sekaligus dalam rangka persiapan untuk mengikuti Perkembahan LT 3 yang akan diadakan oleh Kwarcab Kota Tasikmalaya,”jelasnya.

Walaupun termasuk ekstrakulikuler, lanjut Yaya Suryana, kegiatan gerakan pramuka dilakukan secara rutin di sekolah masing-masing. ”Kegiataan kepramukaan memang besar manfaatnya bagi pembinaan mental anak-anak karena adanya pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki setiap anggota gerakan pramuka,” tutur Yaya Suryana seraya menyebutkan, bahwa hasil dari Perkemahan LT 2 ini akan diikutsertakan dalam Perkemahan LT 3 Kwarcab Kota Tasikmalaya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pendidikan Purbaratu Ucu S. Anwar mendukung terhadap kegiatan Perkemahan LT 2 di Desa Singkup tersebut, khususnya penerapan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup pada Gerakan Kepramukaan seperti adanya penghijauan dengan melakukan penanaman berbagai jenis pohon. Karena itu, thema kegiatan perkemahan yang diambil pun berkaitan dengan lingkungan: “Melalui LT 2 Kita Bina Remaja Indonesia yang Religius dan Berwawasan Lingkungan”.

”Kegiatan penghijauan dengan melakukan penanaman berbagai jenis pohon yang dilakukan anggota gerakan pramuka merupakan bentuk pembelajaran terhadap lingkungan hidup, maksudnya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup,” tuturnya. (REDI MULYADI/RATNA SARI DEWI)***