Ciamis, LINTAS PENA

Setelah dipimpin seorang figur bernama Drs. Kendin, SMP Negeri 1 Kalipucang ternyata banyak mengalami banyak kemajuan di berbagai bidang dan menjadi sekolah unggulan yang termaju di sekitar Komisariat 07 Padaherang MKKS Kabupaten Ciamis. Bahkan, SMPN 1 Kalipucang menjadi sekolah favorit di wilayah Ciamis bagian selatan tersebut. Kini pun SMPN 1 Kalipucang tengah berpacu untuk tuntaskan sarana fisik dan kualitas pendidikan.

“Warga mengakui, bahwa SMPN 1 Kalipucang menjadi sekolah lanjutan pertama yang mengalami banyak kemajuan dan kualitas pendidikannya tak kalah dengan SMP lain,”ungkap Drs. Ukir mantan UPTD Pendidikan Kalipucang saat dikonfirmasi LINTAS PENA, kemarin.

Drs. Kendin mengatakan, SMP Negeri 1 Kalipucang ingin punya warna tersendiri untuk sekolahnya sekarang sedang memprogramkan lab skill misalnya bidang otomotif, perancang mode dan menjahit pakaian dan pelatihan salon dan rias pengantin. “Hal ini kami lakukan, karena kami ingin membentuk siswa siswi dari segi keterampilan supaya dari tamatan sekolah SMP Negeri 1 Kalipucang punya keahlian tersendiri. Jangan sampai lulusan dari SMP Negeri 1 Kalipucang dibilang tidak bisa apa-apa, cuma dapat sertifikat kelulusan saja.”tuturnya.

Program sekolah tersebut, lanjut Kendin, yakni untuk memberi warna baru supaya masyarakat lebih percaya terhadap kualitas mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Kalipucang ini Dengan kata lain, keberhasilan yang di peroleh bukan hanya peningkatan sarana fisik semata, tetapi dari segi kualitas mutu pendidikanpun SMP Negeri 1 Kalipucang lebih maju dan bisa berkembang apa yang dicita-citakan sesuai visi dan misi sekolah.

Kendin mengakui bahwa keberhasilan yang peroleh SMPN 1 Kalipucang berkat perjuangan oleh semua warga sekolah termasuk Komite Sekolah, saling bahu membahu untuk kemajuan sekolah terutama dalam peningkatan dari kualitas pendidikan maupun peningkatan kualitas sarana dan prasarana sekolah.

Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki SMP Negeri 1 Kalipucang antara lain; sarana dan prasana pendidikan dianggap cukup memadai sesuai Sekolah Standar Nasional (SSN) yaitu diupayakan dari fisik bangunan gedung sekolah lebih modern dan berlantaikan 2 ditambah dengan penataan gedung sekolah yang teratur sesuai peruntukannya. Juga dilindungi dengan pembuatan benteng sekolah.

Karena itu tidak berlebihan bila SMP Negeri 1 Kalipucang maju dalam berprestasi, misalkan para siswa banyak yang mendapatkan piagam penghargaan untuk tingkat komisariat, MKKS Kabupaten Ciamis dan tingkat Propinsi SMP Negeri 1 Kalipucang tak kalah dengan sekolah maju yang ada di kota.

Dalam upaya menuntaskan sarana dan prasarana yang dimiliki SMPN 1 Kalipucang, Kendin mengharapkan kepada pemerintah pusat maupun daerah untuk bantuannya, misalnya untuk beberapa ruang kelas baik renovasi maupun pembangunan ruang kelas baru (RKB). “Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat maupun daerah khususnya Disdik Ciamis yang banyak membantu dalam peningkatan kemajuan SMP Negeri 1 Kalipucang sekaligus mengucapkan selamat kepada H. Tatang,  S.Ag., M.Pd sebagai Sekdis dan Kabid SMP,” tutur Kendin mengakhiri perbincangan. (TOTO SUYANTO)***