Ciamis, LINTAS PENA

SMP Negeri 1 Rajadesa selama ini berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama untuk peningkatan dan pengembangan pendidikan yang berkualitas dan punya mutu tinggi sesuai harapan visi dan misi Disdik Ciamis maupun Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.

“Kemajuan yang kami peroleh tak lepas dari adanya kerjasama dari semua pihak baik internal maupun eksternal, terutama dengan Komite Sekolah yang merupakan satu kesatuan dalam peningkatan dari berbagai bidang Karena komite sekolah merupakan wakil dari masyarakat atau orang tua kerjanya sebagai mediator antara pihak sekolah dengan pihak orang tua siswa untuk menjembatani program sekolah yang diusulkan kepada orang tua siswa,” ungkap Drs. Apipudin, M. Pd Kepala SMP Negeri 1 Rajadesa kepada LINTAS PENA di ruang kerjanya.

Dengan adanya kerjasama dari semua pihak, maka program sekolah sudah berhasil dikerjakan dengan baik seperti pada pelaksanaan proyek-proyek sekolah tahun belakangan dalam merealisasikan dana bantuan rehab sekolah dari pemerintah dibilang cukup berhasil direalisasikan sesuai aturannya dan tak ada kendala. Namun dirinya tidak merasa cukup apa yang dia kerjakan selama ini, karena masih banyak kekurangan misalnya sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar yaitu banyak ruang-ruang kelas yang harus direnovasi dan kebutuhan RKB (Ruang Kelas Baru).

“Kami tetap mengharapkan bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah namun atas nama keluarga besar SMP Negeri 1 Rajadesa sangat berterimakasih dengan adanya perhatian penuh dari pemerintah pusat maupun daerah dengan bukti realisasi bantuan-bantuan untuk rehab sekolah pada tahun kemarin dan atas nama keluarga besar sekolah SMP Negeri 1 Rajadesa seyogyanya mengucapkan selamat kepada H. Tatang, S. Ag, M. Pd sebagai Sekdis baru dan tak lupa juga kepada kabid SMP yang baru. Ungkap Drs. Apipudin, M.Pd

Drs. Apipudin, M.Pd merupakan sosok figur pemimpin yang penuh rasa tanggungjawab terhadap lembaga pendidikan yang dipimpinnya dan dianggap sudah berhasil meningkatkan dan mengembangkan SMP Negeri 1 Rajadesa dari berbagai bidang sekarang sangat bermutu dan berkualitas pendidikan tak kalah dengan sekolah lain setingkatnya. Demikian diungkapkan Drs. Sukiwa Ketua Komisariat 02 Kawali MKKS Kabupaten Ciamis kepada LINTAS PENA.

Hal itu dibuktikan dengan hasil kinerja Apipudin yaitu sekian banyaknya ruangan lokal kelas dan ruangan penunjang lainnya berhasil dibangun bahkan tipenya pun dirubah dari tipe biasa menjadi tipe modern menjadi 2 tingkat penyesuaian dengan kemajuan jaman biarpun di daerah dibikin suasananya kota. “Ini dimaksud untuk memotivasi keluarga sekolah lebih semangat dan bergairah dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya proses belajar mengajar maka dengan ide tersebut cukup berhasil mendongkrak peningkatan dan pengembangan kualitas mutu pendidikan misalnya bidang tudi maupun program studi dan kompetisi kelulusan sesuai yang diprogramkan SSN Sekolah Standar Nasional ini untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang cerdas dan berakhlak mulia yang berorientasikan ke program tambahan sekolah yang berbasis pesantren asselity grand,” tegas Sukiwa yang juga Kepala SMP Negeri 1 Kawali .

Sukiwa menambahkan, bahwa hal tersebut merupakan program bersama diwilayah Komisariat 02 Kawali SMP Negeri 1 Rajadesa, contohnya yang merealisasikan program bersama karena SMP Negeri 1 Rajadesa merupakan luar lingkup 02 Kawali dan anggota terjauh. (TOTO SUYANTO)***