Ciamis, LINTAS PENA

Walaupun domisili di daerah dan jauh dari pusat kota, tetapi keberadaan SMA Negeri 1 Rancah dapat dikategorikan sebagai sekolah unggulan, karena mampu bersaing dengan sekolah setingkatnya yang ada di kota apalagi didaerah sehingga tak mengherankan kehadiran sekolah menengah atas ini merupakan sekolah terfavorit sekaligus sekolah kebanggaan warga Rancah dan luasnya Ciamis Utara untuk menyekolahkan putra putrinya. Bahkan, SMAN 1 Rancah siap mencetak SDM handal di era globalisasi.

”Kami bersyukur karena sekolah kami bisa diterima warga dan menjadikan favorit sehingga memberikan semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan maupun sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan belajar mengajar.” ungkap Drs. Kursin Susanto, Humas SMA Negeri 1 Rancah Ciamis kepada LINTAS PENA.

Kursin Susanto mengatakan, ada beberapa keunggulan yang dimiliki SMA Negeri 1 Rancah diantaranya adanya sarana dan prasarana dibilang cukup komplit dan lengkap juga didukung tenaga pengajar yang berpengalaman punya gelar rata-rata S1 dan S-2 dan sudah memenuhi kebutuhan untuk tenaga pengajar apalagi sekarang punya sertifikasi guru mencapai 85% kendati tak melupakan sebagai tugas utamanya untuk pengembangan kualitas mutu pendidikan misalnya bidang studi maupun program studi dan ekstrakurikuler adanya program-program pendukung yang lainnya.

“Dengan tujuan sekolah menghasilkan tamatan yang mempunyai pengetahuan luas bukan hanya untuk akademis juga keterampilan dan budaya serta mampu bersaing dalam era globalisasi dan tugas pokoknya melaksanakan pendidikan dan pelatihan terpadu dengan pungsi untuk tercapainya tujuan nasional pembentukan karakter dan kecakapan hidup life skill (memberikan suri tauladan) untuk menjadi manusia yang berbudaya dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang bermartabat juga terhormat,” tegasnya.

Kursin menanggapi tentang era persaingan dijaman globalisasi sekarang ini persiapan SMA Negeri 1 Rancah yaitu apa yang dilakukan SMA Negeri 1 Rancah yang tentunya dengan kerja keras kebetulan SMA Negeri 1 Rancah sudah jauh-jauh hari dipersiapkan untuk menyambut era globalisasi atau disebutkan era penuh tantangan dan persaingan. Namun hal itu tidak di khawatirkan, karena SMA Negeri 1 Rancah sudah siap dari segalanya makanya mampu bersaing dengan lembaga-lembaga pendidikan setingkatnya yang ada di kota maupun didaerah.

“Kendati sebelumnya kami sedikit khawatir masa pasar lembaga pendidikan menengah atas bisa direbut oleh lembaga pendidikan lain yang labelnya lembaga pendidikan menengah kejuruan apalagi mereka didorong promosi gencar-gencaran dan didukung oleh sang Dirjen Pendidikan itu terjadi tapi kami berbangga hati disamping masyarakatpun cukup jeli dan sangat teliti sekali memilih dan memilah anaknya dikemanakan disekolahkan. Ironisnya malah mengherankan dan masyarakat tetap sebagai pilihan utama adalah lembaga pendidikan SMA yang difavoritkan bukan lembaga pendidikan lain yang promonya dibantu oleh Dirjen.

SMAN 1 Rancah punya keyakinan bahwa masyarakat masih mengidolakan lembaga pendidikan menengah atas SMA dan tetap di favoritkan dengan terbukti seperti itu adanya, sehingga untuk tahun sekarang 2010 siswa-siswi baru di SMA Negeri 1 Rancah naiknya cukup signifikan

Kursin sebelum mengakhiri obrolan, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Rancah khususnya dan umumnya kepada masyarakat wilayah Ciamis Utara yang memberikan kepercayaan penuh kepada SMA Negeri 1 Rancah dan selanjutnya keberhasilan ini berkat dorongan dari semua pihak khususnya pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis , terutama mengucapkan selamat kepada H. Tatang S. Ag, M. Pd sebagai Sekdis baru, ungkapnya. (TOTO SUYANTO)***