Ciamis, LINTAS PENA

Pelajar SMPN 1 Rajadesa patut diacungi jempol, karena mereka telah berhasil mengukir prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat, dan sekaligus mengharumkan nama baik Kab. Ciamis. Dengan diraihnya prestasi tersebut, membuktikan diri bahwa pendidikan di SMP Negeri 1 Rajadesa sekarang sudah maju/ berkembang pesat dari kualitas mutu pendidikannya dan sudah mampu bersaing dengan sekolah setingkatnya yang ada di kota.

SMP Negeri 1 Rajadesa mampu mengukir prestasi ditingkat Propinsi Jawa Barat mengharumkan nama baik Kabupaten Ciamis atas prestasi tersebut dengan hal itu SMP Negeri 1 Rajadesa membuktikan diri punya prestasi gemilang.” Kendati sekolah ini domisili tempat didaerah terpencil dan jauh dari pusat Ibukota Kabupaten Ciamis, tetapi prestasi siswa SMPN 1 Rajadesa tak bisa meremehkan sekolah yang ada di daerah, sekarang kemajuan dari segi kualitas mutu pendidikan sudah merata sampai ke daerah terpencil.” kata H. Misbah tokoh masyarakat Rajadesa pemerhati pendidikan , pekan kemarin.

Sementara itu, Elin Herlina, S. Pd selaku guru bidang studi bahasa dan sastra membenarkan bahwa siswa-siswi anak didiknya bernama Fitri Suryani siswi kelas 8A SMP Negeri 1 Rajadesa sebagai juara cipta dan baca puisi tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2010 dan Ade Riki siswa kelas 9B SMP Negeri 1 Rajadesa juga berprestasi juara dongeng tingkat Propinsi Jawa Barat dan sekarang pada tanggal 25-10-2010 mewakili lagi Kabupaten Ciamis yang kedua kalinya.

“Kedua anak didik kami yang juara bukan hanya mendapatkan piala dan sertifikat saja juga dana pembinaan dari panitia penyelenggarapun dapat ditambah dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat kepada siswa-siswi yang berprestasi mendapat beasiswa sebesar Rp. 600 ribu untuk tiap tahunnya,” kata Ika Herlina.

Ika menjelaskan, bahwa pihak sekolah sangat mendukung terhadap bakat dan prestasi yang diraih siswa baik tingkat kabupaten maupun provinsi, misalnya sekolah menugaskan guru pembimbing untuk melatih siswa agar lebih berprestasi, misalnya kepada Fitri Suryani.” Dengan adanya dukungan penuh dari sekolah, tentu saja memberi semangat kepada para siswa yang berbakat dan berprestasi untuk lebih meningkatkan prestasinya,” tuturnya. (TOTO SUYANTO)***