Termegah dan Terbesar di Priangan Timur

Ciamis, LINTAS PENA

Walaupun kini menjabat Kepala UPTD Pendidikan Banjarsari, tetapi perjuangan dan jasa Drs. Nanang S, MM tetap diakui warga pendidikan di lingkungan UPTD Pendidikan Purwadadi, karena dia salah satu dari 2 figur pejabat yang berjasa dalam mendirikan GOR Serbaguna Torekah milik Koperasi Guru Torekah Mandiri Purwadadi.

“Perencanaan pendirian GOR Serbaguna Torekah itu pada tahun 2007 dan baru terealisai pada tahun 2009. Pada saat itu, saya baru diangkat jadi Kepala UPTD pendidikan Purwadadi dan pembina Koperasi Guru Torekah Mandiri. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar sesuai harapan, bahkan bangunannya boleh dikatakan termegah dan terbesar di Priangan Timur.” jelas Drs. Nanang. S, MM kepada LINTAS PENA di ruang kerjanya.

Pada waktu itu, dia selaku pembina koperasi mengajak kepada para guru yang notabene anggota Koperasi Guru Torekah Mandiri agar merasa memiliki kepada koperasi tersebut dan mengerti kebutuhan sarana dan prasarana penunjang pendidikan salah satunya adalah GOR serbaguna harus dimiliki oleh Koperasi Guru Torekah Mandiri demi mendukung kegiatan olahraga dan kegiatan yang lainnya.

“Meski tiga kali pertemuan dengan anggota koperasi yang semuanya guru, ide mendirikan GOR Serbaguna Torekah mendapat respon positif, bahkan mendukungnya dengan adanya kesadaran guru siap membantu dana sumbangan wajib sebesar Rp 50.000. “ katanya.

Namun, lanjut Nanang S, bilamana para guru sebagai anggota keluar dari keanggotaannya meminta kembali dana tersebut, maka pihak koperasi akan mengembalikannya sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati. Untuk selanjutnya, karena sebagai tugas awal meluluhkan anggota koperasi dan sudah direspon positif bahkan jauhnya disepakati oleh pembina koperasi dikembalikan kepada pantia pembangunan GOR Serbaguna Torekah yaitu ketua panitia ketika itu dijabat H. Tatang, S.Ag, M.Pd yang sekarang menjabat Sekdis Disdik Kab.Ciamis,.

Sementara di tempat lain, Iwa Sutasman selaku sekretaris Koperasi Guru Torekah Mandiri mengatakan, bahwa pembangunan GOR Serbaguna Torekah Purwadadi menghabiskan dana sebesar Rp 850 juta dan pembangunan kantor koperasi. Kebetulan pembangunan gedung koperasi dilaksanakan sudah duluan yang menghabiskan dana sebesar Rp 137 juta dan koperasi sendiri mempunyai modal usaha sebesar Rp 1 milyar lebih

Kegiatan koperasi itu sendiri di antaranya adalah USP (Usaha Simpan Pinjam) dan pertokoan, sehingga adanya GOR Serbaguna Torekah tersebut akan menambah penghasilan untuk koperasi, misalnya dari penyewaan gedung kepada masyarakat. “Karena GOR tersebut diperuntukkan bukan hanya untuk keluarga besar koperasi saja namun membuka diri kepada masyarakat Purwadadi dan sekitarnya bilamana membutuhkannya,” jelas Iwa Sutasman.

Iwa menambahkan, sekarang kegiatan di GOR Serbaguna Torekah baru uji coba karena karyawannya pun belum ada dan baru akan mengangkat 2 orang karyawan yang bertugas sebagai pengelola GOR tersebut. Sementara itu, kepengurusan Koperasi Guru Torekah Mandiri tidak ada perubahan masih tetap yang dulu misalnya ketua 1 H. Tatang. S. Ag, M. Pd, Ketua 2 Tugiman, S. Pd, Sekretaris 1 Iwa Sutasman, Sekretaris 2 Yoyo, S. Ag dan bendahara Sartum, S. Ag ungkapnya. (TOTO SUYANTO)***