Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA

Puncak peringatan HUT ke 105 lembaga pendidikan Pondok Pesantren Suryalaya Kec.Pagerageung Kab. Tasikmalaya dimeriahkan dengan digelarnya Demo Terjun Payung (free fall) yang berlangsung di titik penerjunan Lapangan Sepakbola Desa Tanjungkerta pada 9 Oktober yang lalu. Puluhan ribu warga pun turut menyaksikan atraksi para penerjun dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Provinsi Jawa Barat sebanyak 13 orang personel. Selain demo terjun payung, juga digelar Microlight/ Trike dan Aeromodelling sehingga tampak meriah.

Pada kesempatan itu, hadir Sekjen FASI Jakarta Timur, Ketua FASI Jawa Barat Kolonel Pnb Gutomo S.IP, Danlanud Husen Sastranegara Bandung, Danlanud Wiriadinata Tasikmalaya Letkol Pnb Tata Budi Pratama, Kapolresta Tasikmalaya dan Kapolres Kab.Tasikmalaya, Dandim 0612 Tasikmalaya, Danbrigif 13 Galuh dan pejabat lainnya. Juga hadir Ketua Umum HUT Ke 105 Marsekal Muda TNI (Purn) H. Mahpudin Taka, KH. Zaenal Anwar Abidin, H. R. Bobon Setiadji Bustomi, H. Kankan Julkarnaen TA, H. Baban Ahmad Jihad SB.Ar, Hj. Nia Nuririanti dan keluarga besar Pondok Pesantren Suryalaya, serta sejumlah TQN Malaysia.

Adapun maksud dan tujuan digelarnya Demo Terjun Payung, Trike dan Aeromodelling tersebut antara lain: upaya menjalin persatuan dan kesatuan bangsa khususnya antara TNI AU dengan seluruh lapisan masyarakat dan keluarga besar Pondok Pesantren Suryalaya dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, juga memasyarakatkan kedirgantaraan nasional sehingga eksistensi TNI AU semakin lekat di hati masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sekaligus upaya memberikan motivasi kepada generasi muda khususnya para siswa, santri, mahasiswa serta ikhwan-akhwat untuk terus membina diri dalam meningkatkan kepedulian dan bela Negara, di samping memeriahkan HUT Ke 105 Pondok Pesantren Suryalaya sebagai taksyakur binnikmat atas segala limpahan,”ujar Nurhidayat S. Ag MSi mewakili Letkol CZI Amir Supriyatna selaku Ketua Panitia Demo Terjun Payung, Trike dan Aeromodeling HUT Ke 105 Pesantren Suryalaya.

Nurhidayat MSi menjelaskan, bahwa para penerjun yang turut andil tersebut antara lain pembawa bendera Pesantren Suryalaya oleh Puwo Widodo, kemudiann Chip Jump Master Ir. Dadang Satria, Drs. Permadi Agus Bintoro, Dadang K, Baharudin, Tutik Waroka Yulianto, Pularwati dan Suci Mutia (seleuruhnya dari FASI Jabar). Sedangkan yang membagwa Bendera Merah Putih Kapten Lek Budiharjo dari Lanud Sulaemain, Pelda Agus Sopandi dari Wing III Paskhas, Serma Tohir dari Wing III Paskhas, Serka Yudi A dari Wing III Paskhas dan Serka M.Almustofa dari Wing III Paskhas.

“Kepada para penerjun, panitia HUT Ke 105 Pesantren Suryalaya memberikan plat, dan sorban dari Pangersa Abah KH. A. Shohibulwafa Tajur Arifin,” jelasnya. (REDI MULYADI/ DEDE FUAD)***