Kota Tasik, LINTAS PENA

Yayasan Pendidikan Nurul Falah di Kampung Sengkol Kel. Karsamenak Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya, sejak awal berdiri hingga sekarang sudah banyak mengalami kemajuan, termasuk dalam hal sarana pun terus ditingkat. Kemandirian dan kemajuan di bidang pendidikan karena adanya kekompakan dan pengertian dari pengurus yayasan yang diketuai H. Harun dan para dewan pengajar yang setiap hari aktif membina peserta didiknya.
Kepala MTs Nurul Falah, H. Asep Mukarom S. Ag menjelaskan, bahwa saat ini jumlah siswa MTs dan Madrasah Aliyah sebanyak 796 siswa. ”Jumlah siswa sebanyak itu, selain warga Kota/ Kab. Tasikmalaya, juga banyak yang berasal dari Kab. Ciamis, Banjar, Kab. Garut dan daerah lain,” ujarnya.
Selanjutnya dia mengatakan, ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar yang dimiliki MTs sebanyak 9 lokal dan MA sebanyak 6 lokal. Selain ruangan untuk KBM, di komplek lembaga pendidikan Nurul Falah terdapat 2 ruangan untuk dewan, 2 ruang kantor, dan 1 ruang perpustakaan.
“Namun saat ini, lembaga pendidikan MTs dan MA yang kami kelola masih membutuhkan ruangan untuk laboratorium bahasa dan komputer,” tutur H. Asep Mukarom S. Ag. kepada LINTAS PENA.
Selain pembinaan di bidang pelajaran sesuai kurikulum, lanjut H. Asep Mukarom yang juga Kepala MTs Nurul Fatah, tentu saja di MTs dan MA Nurul Falah diadakan kegiatan ekstrakulikuler seperti nasyid, marching band, qasidah, pramuka, PMR, olahraga, pelatihan dakwah dan Saka Bhayangkara.
“Kegiatan ekstrakulikuler yang menjadi kebanggaan di sekolah kami adalah adanya beberapa kegiatan seperti nasyid, marching band, dan qasidah karena selalu mendapat undangan baik untuk di dalam kota maupun luar kota. Bahkan pada tahun 2009 yang lalu, Grup Nasyid Nurul Falah meraih Juara I se-Priangan Timur,” tuturnya (U. WACHYU)***