Kota Tasikmalaya, LINTAS PENA
SMPN 19 Kota Tasikmalaya yang berada di Jl.Leuwidahu ini berusaha mewujudkan sebagai kampus ‘berwawasan’ berbasis lingkungan, karena suasana lingkungan sekitarnya yang cukup mendukung. Juga berusaha menjadi sekolah unggul dalam prestasi menuju Sekolah Standar Nasional (SSN) pada tahun 2012 mendatang.

“Untuk mewujudkan sebagai kampus berbasis lingkungan, maka kami terus berusaha menata lingkungan kampus dengan melakukan penanaman tanaman produktif, agar suasana terasa teduh, dan rindang sehingga nyaman sebagai tempat kegiatan belajar mengajar. Juga anal-anak melakukan kegiatan kebersihan secara rutin.”ujar Ade Sumirat SPd, Kepala SMPN 19 Tasikmalaya kepada LINTAS PENA.

Dalam mendukung tujuan tersebut, sebenarnya Dinas Pertanian Kota Tasikmalaya sempat memberikan bantuan beberapa jenis tanaman produktif seperti rambutan, jeruk, mangga, petai besar untuk ditanam di lingkungan kampus.Namun sayangnya, karena kampus SMPN 19 Tasikmalaya ini berdiri di atas tanah bekas lahan sawah (berair), sehingga kurang cocok untuk pertumbuhan tanaman produktif.

“Walau begitu, kami berupaya untuk menanam jenis tanaman peneduh yang dapat tumbuh di lingkungan kampus,”ujarnya.


Menuju SSN 2012

Walaupun berada dipinggiran pusat kota, tepatnya di Jl.Leuwidahu Kec.Indihiang, tetapi nama SMPN 19 Kota Tasikmalaya sudah cukup dikenal luas. Karena animo masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya cukup tinggi. Buktinya, pada tahun ajaran 2009/2010 jumlah muridnya tercatat sebanyak 778 siswa yang dibimbing oleh 37 orang staf pengajar

”Setiap tahun ajaran baru, jumlah siswa yang masuk ke sekolah kami terus meningkat, seiring dengan upaya kami meningkatkan kualitas pendidikan peserta didik maupun staf pendidik,”jelas Ade Sumirat,SPd.

Apalagi pada UN 2010 kemarin, SMPN 19 Kota Tasikmalaya masuk peringkat kelima ’lima besar’ UN Terbaik se-Kota Tasikmalaya dengan tingkat kelulusan 99,5% dari 222 siswa kelas IX.”Alhamdulillah, hasil UN kemarin sangat memuaskan,”tuturnya.

Dengan masuk peringkat kelima UN Terbaik dan sejumlah prestasi yang diraihnya selama ini, merupakan suatu bekal bagi SMPN 19 Kota Tasikmalaya dalam menuju Sekolah Standar Nasional (SSN) tahun 2012, terutama demi meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan di sekolah lanjutan ini. Hal ini sesuai dengan ini yang diembannya yaitu menggerakkan semua potensi yang ada baik sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana; meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT; engembangkan situasi sekolah yang aman, tentram, tertib dan teratur; dan berusaha secara terus menerus untuk meningkatkan prestasi. Adapun visinya adalah optimal dalam pembelajaran, bernuansa religius, damai dalamkebersamaan dan unggul dalam prestasi menuju Sekolah Standar Nasional tahun 2012

”Dalam menghadapi perubahan status menjadi SSN pada 2012 merupakan tantangan bagi kami, semua dewan guru untuk lebih giat melakukan berbagai kegiatan belajar mengajar(KBM),”sambung.

Prestasi

Karena untuk mencapai target menjadi SSN, menurut Ade Sumirat SPd, ada 8 standar yang harus dikembangkan yakni standar isi, standar kelulusan, standar manajemen sekolah, standar penilaian pendidikan, standar proses, standar kompetensi kelulusan, standar sarana dan prasarana, serta pengembangan pendidikan dan lingkungan sekolah.

Kalau bicara soal prestasi, SMPN 19 Kota Tasikmalaya tak kalah dengan SMP lain, misalnya Dede Hendra kelas 9 menjadi Juara II Kejuaraan Tinju Amatir 2010 Tingkat Jawa Barat, kemudian Riska Risma Dewi sebagai Komandan Pramuka Terbaik Kwarcab Kota Tasikmalaya dan masih banyak prestasi lainnya, termasuk di bidang kesenian.

Selain itu, sarana dan prasarana pendukung demi meningkatnya kualitas pendidikan menuju SSN 2012, SMPN 19 Kota Tasikmalaya kini memiliki gedung lantai dua yang cukup representatif, laboratorium IPA dan bahasa Inggris, ruang perpustakaan UKS dan lainnya. Begitu pun dengan sarana olahraga seperti lapangan basket dan bola voli yang terpisah cukup memadai. Bahkan, untuk sarana olahraga sempat memperoleh bantuan dari Kementerian Olahraga dan Pemuda sebesar Rp.50 juta atas prakarsa Komite Sekolah yang diketuai H.Damid Sutanto.

”Selama ini, hubungan kami dewan sekolah dengan komite sekolah harmonis dan saling mendukung, terutama demi meninngkatkan kualitas pendidikan di SMPN 19 Tasikmalaya untuk meraih status SNN pada tahun 2012 mendatang,”tutur Ade Sumirat mengakhiri obrolan. (REDI MULYADI)***