Kab.Tasikmalaya,LINTAS PENA

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Padakembang, Jln.Bantar Payung Desa Cisaruni Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya menyelengarakan Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) pekan lalu.Secara resmi kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala sekolah SMPN 1 Padakembang, Jae Juarsa, S.Pd., M.Pd. Kedua kegiatan dilaksanakan pasca Ujian Akhir Semester (UAS), dan dimaksudkan untuk mengisi jadwal kegiatan siswa menjelang pembagian rapor. O2SN dan FL2SN diselenggarakan selama satu minggu.

O2SN mempertandingkan berbagai macam cabang olah raga seperti bola Voli, basket, futsal, bulu tangkis, tenis meja dan atletik, sedangkan untuk FL2SN kegiatan yang dipertandingkan antara lain nyanyi solo, tari kreasi, baca puisi, pupuh, story telling, vocal group dan MTQ. ”Kedua kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan berjenjang dari mulai tingkat sekolah, tingkat wilayah, tingkat propinsi dan tingkat nasional. Selain untuk tujuan prestasi kegiatan ini dimaksudkan untuk pengembangan bakat dan minat siswa. ”ujar Jae Juarsa, S.Pd., M.Pd

Jae menjelaskan, dari kegiatan ini telah banyak melahirkan siswa-siswi berprestasi ditingkat wilayah.yang mempunyai potensi ditingkatkan dan dibina secara lebih serius lagi. Tahun 2009 ini, untuk yang kedua kalinya SMPN 1 Padakembang menyelenggarakan kegiatan ini. Pihak sekolah telah menyediakan hadiah berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi siswa yang meraih juara. Untuk juara kesatu disediakan uang pembinaan sebesar Rp.1 juta rupiah, juara kedua Rp. 500 ribu dan juara ketiga Rp. 350 ribu.

Penyelenggaraan maupun hadiah yang akan diberikan merupakan kesepakatan antara pihak sekolah dan komite sekolah. Pihak panitia terdiri dari guru pembina kesiswaan dan guru bidang pengembangan diri. Animo siswa SMPN 1 Padakembang dalam mengikuti kegiatan ini sangat besar, terlihat dari hampir seluruh siswa mengikuti semua cabang olah raga maupun kesenian yang dipertandingkan.

Adapun hasil dari kedua kegiatan antara lain seperti juara 1 FLS2N Desain Motif Batik yang di raih oleh Ramdani Nugraha,Juara 2 FLS2N Bintara yang di raih oleh Delia Fitri, Juara 2 FLS2N Seni Kriya yang di raih oleh Ipan Septiawan, Juara 2 FLS2N Pupuh putra yang di raih oleh Suherlan,Juara 2 FLS2N Tari Kreasi yang di raih oleh Siti Nur Azizah,Raden Ersi Herlianti,Linda Siti Rojani,Nurhayati,Lusi Angraeni,Juara 3 FLS2N Ngadongeng Putra Putri yang di raih oleh Rachmi Rohmatunnisa dan Muhammad Nur A,Juara 2 O2SN Catur yang di raih oleh Supriyadi,Juara 3 O2SN BKC yang di raih oleh Siti Nur Hasanah Putri sedangkan Putranya di raih oleh Taufik Hidayat,Juara Harapan 1 untuk Siswa Berprestasi di raih oleh Bella Nuraini

Segudang prestasi yang telah diraih tak lepas dari kiprah dan peran serta Kepala Sekolah SMPN 1 Padakembang Jae Juarsa.SPd.,MPd.peserta para guru pengajarnya Dia dengan segala upaya memajukan SMPN 1 Padakembang sehingga banyak mengalami perubahan. Bukan hanya siswa yang menorehkan prestasi yang gemilang di dunia pendidikan, sosok seorang Kepala Sekolah inipun tidak ketinggalan.

.Hal ini disampaikan kemarin kepada Lintas Pena diruang kerjanya di katakannya Dia akan terus berjuang menyempurnakan mutu pendidikan di sekolah yang ia pimpin. “Kedepannya saya menginginkan SMPN 1 Padakembang menjadi Sekolah favorit dan berprestasi,” ujarnya.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat Padakembang dan juga pemerhati pendidikan yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kemajuan yang diraih SMPN 1 Padakembang sangatlah pesat apalagi sekarang ini dipimpin oleh Kepala Sekolah yang mumpuni di bidang pendidikan,” Saya berharap, Pak Jae Juarsa SPd.,MPd. dapat mempertahankan segala prestasi siswanya yang telah diraih. Sehingga apa yang dicita-citakannya dapat terwujud.” (WARTONO/REDI.M)***