Ciamis, LINTAS PENA

SMP Negeri 1 Kawali merupakan sekolah pelopor perubahan, serta memiliki keunggulan kompetitif dalam pengembangan lembaga pendidikan sekolah menengah pertama yang berwawasan global, kendati sesuai dengan visi dan misi Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat yaitu menciptakan suasana kondusif dalam upaya mengembangkan pendidikan guna mewujudkan manusia cerdas, trampil, trangginas, sehat jasmani dan rohani, inovatif serta memiliki keunggulan kompetitif, juga mempelopori perubahan system pendidikan sesuai dengan kebutuhan .

Sehingga patut dibanggakan SMP Negeri 1 Kawali mengagumkannya mereka tak kecil hati meskipun sekolah yang domisilinya jauh dari Ibu Kota Kabupaten, namun tak menyurutkan niatnya untuk mengembangkan sekolah yang modern dan dijadikan sekolah unggulan yang tak kalah dengan sekolah lain yang berada di kota kabupaten yang lebih dulu majunya.

Selama ini, masyarakat Kawali dan sekitarnya sangat mengenalinya, bahwa SMP Negeri I Kawali sekarang sudah tercipta menjadi sekolah termaju di wilayah Komisariat Kawali MKKS Kabupaten Ciamis dan itu menjadikan sekolah kebanggaan masyarakat Kawali dan sekitarnya,

Karena itu, tak heran bila SMPN 1 Kawali sekarang di daulat menjadi sekolah percontohan dari berbagai bidang, sehingga sekolah lain banyak yang berdatangan untuk berstudi banding ke SMP Negeri I Kawali. Misalnya sekolah lain yang berstudi banding untuk sekolah tentang pengadministrasian untuk pengelolaan manajemen keuangan sekolah, pengembangan sarana dan prasarana sekolah dan selanjutnya pengembangan bidang studi unggulan yang berwawasan global.

“Jadi, wajarlah bila banyak sekolah lain yang belajar ke SMP Negeri 1 Kawali, karena sekolah ini merupakan sekolah percontohan wilayah Ciamis Utara. “ungkap H. Tatang, S.Ag, M.Pd, Kabid SMP Disdik Ciamis ketika dikonfirmasi LINTAS PENA belum lama ini.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kawali Drs. Sakiwa, M.Pd kepada LINTAS PENA mengatakan, bahwa keberhasilan yang diperoleh SMP Negeri 1 Kawali bukan diperoleh dari hasil dirinya sendiri, namun dari hasil kerjasama yang melibatkan semua pihak yaitu para guru, TU dan komite sekolah juga bantuan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis serta Pemerintah Pusat dan Daerah. “Dalam hal ini, semuapihak bahu membahu berjuang mewujudkan cita-cita pendidikan yang berkualitas, khususnya di wilayah Kab.Ciamis bagian utara. Namun kami belum merasa puas dari keberhasilan selama ini, kami tetap mengharapkan partisipasi semua pihak, misal masyarakat Kawali mengharapkan sekolah ini sebagai sekolah favorit untuk masyarakat Kawali itu sendiri dan anaknya untuk disekolahkan ke SMP Negeri 1 Kawali,”tutur Drs.Sakiwa M.Pd. (TOTO SUYANTO)****.