SEIRING dengan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya dalam bidang teknologi, maka SMK/STM Manangga Pratama yang berada di bawah naungan Yayasan Manangga Pratama Tasikmalaya ini berupaya memberikan keempatan kepada calon siswa baru untuk mengikuti pendidikan dengan biaya yang sangat terjangkau dan memiliki prospek yang sangat dibutuhkan lapangan kerja.

”Untuk itu, kami SMK/STM Manangga Pratama berusaha memberikan keterampilan khusus sesuai dengan harapan pembanngunan dewasa ini, yakni diperlukan tenaga ahli siap kerja yang memiliki kemampuan hidup mandiri,”ungkap Japar Solihin SPd, Kepala SMK/STM Manangga Pratama Tasikmalaya.

Hal itu sesuai dengan visinya yakni ’menjadikan SMK/STM Manangga Pratama Tasikmalaya sebagai pusat pendidikan dan latihan yang akan menghasilkan generasi yang siap kerja dan mampu hidup mandiri.’ Untuk menunjang terlaksanakanya visi tersebut, maka SMK/STM Manangga Pratama menyelenggarakan program keahlian yang menunjang tuntutan lapangan kerja dan mampu berwirausaha, kemudiaan berusaha sekuat tenaga untuk terlaksananya kegiatan pendidikan yang berorientasi pada Life Skill education melalui penyediaan sarana pendidikan yang memadai sesuai tuntutan zaman.

”Selain itu, kami melaksanakan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri baik dalam maupun luar negeri, sehingga terwujudnya sinkronisasi materi yang diajarkan serta dapat diterapkan secara tepat guna.Selama ini, kami menjalin kerjasama dengan industri pasangan di antaranya dealer resmi Suzuki PT Cakra Putra Parahyangan, PO Do’a Ibu, Subur Jaya Motor, Pratama Motor dan CV Indo Sarana Motor,”jelas Japar Solihin SPd, yang meraih prestasi sebagai Kepala Sekolah Terbaik Kedua Tingkat Kota Tasikmalaya ini.

Pada awal berdirinya tahun 1997, jumlah peserta didik SMK/STM Manggala Pratama hanya 80 siswa, tapi sekarang jumlahnya telah mencapai 460 siswa terutama setelah kepala sekolah dijabat oleh Japar Solihin SPd sejak tahun 2006. Dalam melaksanakan tugasnya, dia dibantu oleh 30 orang guru yang sudah ahli dan 10 orang staf TU. SMK/STM Manangga Pratama membuka bidang keahlian Teknik Mesin dan Teknik Informatika.Sedangkan program keahliannya meliputi Teknik Mekanik Otomotif yang sudah Terakreditasi ”A”, kemudian Teknik Sepeda Motor Kecil dan Besar, serta rekayasa perangkat lunak (TI).

Dalam mensosialisasikan keberadaan SMK/STM Manangga Pratama kepada masyarakat atau SMP-SMP yang ada di Kota Tasikmalaya, selama ini Japar Solihin memanfaatkan potensi yang ada pada siswa, karena para siswa sekolah kejuruan ini memiliki prestasi gemilang di bidang olahraga (karate, sepakbola, voli bal dll) maupun kegiatan ektrakulikuler (pramuka, PKS dll).

Hal menarik di SKM/STM Manangga Pratama, yakni seluruh siswa yang sudah masuk lingkungan kampus tidak bisa ’bermain’ di luar, karena pintu gerbang langsung ditutup. ”Ini merupakan salah satu bentuk disiplin dan membiasakan diri untuk tidak membolos, karena nanti kalau sudah bekerja bahwa disiplin kerja itu penting, dan mereka sudah terbiasa tidak melakukan bolos kerja,”tuturnya. (REDI MULYADI)***