Ciamis, LINTAS PENA

Meskipun dibilang baru berdiri dan operasional pada tahun 2004, tetapi kehadiran SMK Negeri 1 Padaherang sangat direspon oleh masyarakat Padaherang khususnya dan umumnya masyarakat yang berada di Kabupaten Ciamis bahkan luar Jawa Barat, misalnya masyarakat Jawa Tengah untuk menyekolahkan putra purtinya. Betapa tidak! Buktinya, untuk tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa dari berbagai jurusan ini tercatat sebanyak 856 siswa.

“Dengan jumlah siswa sebanyak itu, berarti masyarakat merespon terhadap kehadiran sekolah kejuruan yang kami kelola,”ungkap Drs. Dede Tarlan Kepala SMK Negeri 1 kepada LINTAS PENA.

Drs. Dede Tarlan mengatakan, SMK Negeri 1 Padaherang yang beralamat di Jl. Raya Padaherang KM 1 Desa Karangsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis memiliki visi menjadikan SMKN 1 Padaherang sebagai sekolah berstandar internasional (SBI) untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berahlak mulia serta mampu bersaing dengan era globalisasi pada tahun 2012.

“Adapun misi sekolah kami yakni membentuk lulusan yang memiliki ahlak mulia, memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik agar mampu bersaing pada era global, melakukan inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, membangun kemitraan yang kokoh dengan dunia usaha industri serta instansi terkait dan melaksanakan system manajemen mutu ISO 9001.2008,”jelasnya

Selanjutnya tujuan sekolah menghasilkan tamatan yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan budaya serta mampu bersaing dalam era global dan tugas pokok melaksanakan pendidikan dan pelatihan terpadu dengan fungsi mengemban tercapainya tujuan nasional pembentukan karakter dan kecakapan hidup (life skills) memberi suri tauladan untuk menjadi manusia yang berbudaya dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, tenaga edukatif mencapai 50 orang terdiri dari laki-laki dan perempuan, dan tenaga administrasi mencapai 11 orang.

Dede Tarlan menjelaskan, Program studi keahlian dan teknologi rekayasa misalnya geologi pertambangan tehnik komputer, jaringan dan rekayasa perangkat lunak komputer, pasilitas PKBM, lab geologi pertambangan, lab tehnik komputer dan jaringan, lab rekayasa perangkat lunak komputer, lab tehnik elektronika industri, lab KKPI. Selain itu program ekstrakurikuler misalnya pramuka, paskibra, PMR karate dan sanggar seni. Sehingga lulusan sekolah ini bisa langsung diterima kerja di PT. Timah Tbk Bangka, PT. Antam Tbk Jakarta, Pusat Survey Geologi, Psdg Bandung, Tekmira Bandung, Georesearch Bandung, Balai Keramik Bandung, Kubus Computer, PT. Pindad Bandung, PT. Taneka MC, Planet Komputer, Media Computer, CV. Hero Komputer, Barcode Komputer, Adiyaksa Komputer, Hz Komputer, Dinas Kimprasda, Dinas Tenaga Kerja, Museum Geologi, Perhutani Bandung.

Sementara itu, Ketua Komite SMK Negeri 1 Padaherang Erma Bastaman ketika dikonfirmasi LINTAS PENA di rumah kediamannya Jl.Raya Ciamis Pangandaran menambahkan, sejak adanya SMK Negeri 1 Padaherang masyarakat Ciamis bagian selatan semestinya patut bersyukur karena bisa mewujudkan cita-cita bangsa disamping biaya transportasi lebih ekonomis dan lembaga pendidikan setingkat SMKN ini sudah terakreditasi,

“Dengan demikian, lembaga pendidikan SMKN 1 Padaherang bisa dipercaya dan tak perlu was-was, karena sudah diakui dari kualitas maupun kuantitas oleh pemerintah yang berarti sudah memenuhi kriteria persyaratan untuk terakreditasi. Juga sekaligus merupakan kebanggaan untuk masyarakat Ciamis bagian selatan, “tutur anggota DPRD Kabupaten Ciamis.

Selanjutnya dia mengatakan, bahwa SMK Negeri 1 Padaherang dibilang lebih unggul dari sekolah setingkatnya dengan sekolah lain dari berbagai bidang dalam mencetak sumber daya manusia yang handal, unggul dalam iptek kokoh dalam imtaq juga didukung tenaga pengajar yang sudah tersertifikasi dari Dinas Pendidikan, sertifikat kelulusan guru ditambah sarana dan prasarana pendukung belajar mengajar dikategorikan sangat cukup selanjutnya hubungan dengan dunia usaha misalnya dengan pengusaha tambang di Jawa dan diluar Jawa sudah terjalin baik.

“Bahkan pihak sekolah dengan pengusaha besar sudah ada kesepakatan bahkan penandatanganan MoU. Hal itu sudah dilakukan pihak sekolah dengan pengusaha tambang di Jawa maupun diluar Jawa sehingga lulusan dari SMK Negeri I Padaherang hampir 85% sudah bekerja di perusahaan tambang dan sisanya melanjutkan ke perguruan tinggi, itu merupakan salah satu keunggulan SMK Negeri I Padaherang,”papar Erma Bastaman mengakhiri obrolan. (TOTO SUYANTO/RM)***