Ciamis, LINTAS PENA

SMK Negeri 1 Cipaku merupakan sekolah pilihan tepat bagi masyarakat Kabupaten Ciamis, terutama bagian utara. Karena dengan adanya SMK Negeri 1 Cipaku ini maka diharapkan Ciamis dapat membangun industri di daerah dengan tekhnologi modern untuk persiapan awal dalam rangka menyiapkan tenaga terampil untuk membangun daerah Ciamis di bidang pertanian, dan peternakan dengan teknologi terkini.

Dengan begitu, keseriusan pemerintah daerah maupun pusat merupakan bukti konkrit, dan kita tak boleh meragukannya lagi. Sebaliknya, masyarakat pun harus sama ikut membantu pemerintah dalam mewujudkan programnya demi kemajuan Kabupaten Ciamis sesuai visi dan misinya Kabupaten Ciamis terdepan dengan agrobisnis dan pariwisata di Jawa Barat.

”Dengan disekolahkan anak-anaknya ke SMK Negeri Pertanian Cipaku Ciamis hal itu dianggap cukup berarti, bahwa masyarakat ikut menyukseskan program pemerintah khususnya daerah Kabupaten Ciamis yang sudah dicanangkan beberapa tahun ke belakang ”ujar Drs. Iwang Kasi SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis ketika dikonfirmasi media pendidikan LINTAS PENA diruang kerjanya belum lama ini.

Iwang menurutnya, jika kita membuka kedua mata lebar-lebar tak boleh pesimis memandang untuk generasi muda kedepan betul-betul sangat sulit dengan lapangan kerja sedangkan pertumbuhan penduduk begitu pesat dan kenyataannya setiap tahun sejumlah pencari kerja di Indonesia tertuju kekota-kota besar dengan jumlah kebutuhan tenaga kerja tidak seimbang dengan jumlah industri yang ada makanya kebanyakan dari mereka kembali pulang kerumah kembali lagi ke daerah masing-masing,tegasnya.

Sementara itu, Drs. Asep Agus Kepala SMK Negeri 1 Cipaku mengatakan. maka solusi pemerintah mengadakan SMK Pertanian Negeri 1 Cipaku yang beralamat di Jl. Raya Ciamis – Kawali Km 7 Dusun Cijoho, Desa Muktissari, Kec. Cipaku Kabupaten Ciamis 46254 Telp/ Fax 0265-2798124.

SMK Negeri 1 Cipaku juga didukung sarana dan prasarana yang memadai dan bisa dibilang komplit di banding dengan lembaga pendidikan sekolah menengah kejuruan yang lainnya. “Dengan kompetensi keahlian antara lain agrobisnis perikanan, agribisnis tanaman pangan dan holtikultura, agribisnis pembibitan dan kultur jaringan, teknologi pengolahan hasil pertanian, juga kelulusan dari SMK Negeri 1 Cipaku dapat peluang kerja antara lain tenaga perkebunan dan pabrik, penyuluh pertanian, pengawas benih tanaman, industri pengolahan pangan, karantina pertanian, industri pakan ternak/perikanan, industri perikanan, pengawas mutu pakan, pengawas mutu hasil, wirausaha mandiri.”katanya.

Selain peluang kerja, lanjut Drs Asep Agus, lulusan SMK Negeri 1 Cipaku juga berpeluang melanjutkan ke perguruan tinggi antara lain institute pertanian bogor, fakultas pertanian/perikanan UNPAD, UNSOED, UGM, program beasiswa pendidikan guru pertanian VEDCA cianjur, Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis, perguruan tinggi yang ada di Indonesia sesuai dengan jurusannya. (TOTO.S)***