SABTU siang pekan lalu, kantor Redaksi Tabloid LINTAS PENA di Jl.Moch.Hatta No.13 Tasikmalaya kedatangan ”tamu istimewa” Alin Nurrohmah, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (UNPAD) Jurusan Ilmu Jurnalistik. Gadis cantik ini berkunjung ke Dapur LINTAS PENA bersama temannya,Winda Natalia.
Adapun tujuan Lin Al Alin—panggilan akrabnya—berkunjung ke Redaksi Tabloid LINTAS PENA, yakni dalam rangka penelitian untuk skripsi dengan judul : ”Kontruksi Realitas Pewarta Mengenai Citizen Journalism” kepada Redi Mulyadi yang selama ini dikenal sebagai kontributor Harian Online Kabar Indonesia (HOKI) yang bermarkas di Nederland Belanda.
Sesuai dengan tujuan awal kedatangannya, mahasiswi ini melakukan wawancara kepada penulis seputar citizen journalism; kenapa tertarik dengan pewarta warga padahal tidak menerima upah/honorarium, sejak kapan bergabung, bagaimana respon dari warga, bagaimana perkembangan ke depan sering dunia maya yang makin pesat, pengalaman jadi kuli disket dan pertanyaan lainnya.
Selain itu, penulis justru lebih banyak bicara seputar media cetak daerah di era reformasi, termasuk bicara media pendidikan nasional Tabloid LINTAS PENA yang dikelola. Penulis menjelaskan, bagaimana keberadaan media cetak di daerah plus pelakunya, juga luka liku perjalanan Tabloid LINTAS PENA yang kini sudah berjalan tujuh bulan dan memasuki edisi 14.Sungguh perjalanan ‘berat’ berliku dalam mengelola sebuah media santun yang ingin memajukan dunia pendidikan, khususnya di wilayah Priangan Timur. Apalagi untuk mencari ‘pasar’ konsumen (pembaca setia) sebanyak mungkin secara rutin.Namun, sesuai dengan niat atau tujuan diterbitkannya media ini yakni “menuju pendidikan yang lebih baik”, maka kami optimis bahwa Tabloid LINTAS PENA dapat berkembang seiring perjalanan waktu.
Selama 3 jam , gadis murah senyum ini melakukan wawancara khusus berkaitan dengan tujuan penelitian yang dilakukannya dalam rangka memenuhi tugas akhir sebagai mahasiswa Fakultas Komunikasi UNPAD Bandung. Selamat…semoga sukses!