Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA

Sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki untuk suatu perkembangan dan kemajuan. Salah satu upaya untuk membangun SDM yang berkualitas adalah melalui pendidikan formal di sekolah maupun di masyarakat. Sebagai salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan secara formal dan non formal, sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional melalui proses belajar mengajar.

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk perkembangann potensi siswa didik agar menjadi peserta didik yang beriman, bertakwa pada Tuhan, berakhlak mulia, sehat berilmu, kreatif,mandiri dan menjadi warga yang demokratis dan bertanggung jawab”ungkap Drs Dudung MPd. Kepala UPTD Pendidikan Sodonghilir kepada LINTAS PENA baru baru ini.

Pada dasarnya, lanjut Dudung, setiap individu memiliki beberapa potensi dan keahlian, misalnya potensi seorang siswa dalam menangkap pelajaran. Potensi tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai bentuk aktivitas yang dilakukan siswa.Aktivitas untuk mengembangkan potensi tersebut didorong oleh kebutuhan yang dirasakan masing-masing siswa. Siswa sebagai individu mempunyai keinginan mengembangkan potensinya yaitu meraih prestasi baik disekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Berbicara masalah prestasi belajar siswa, Drs Dudung MPd mengatakan, bahwa pihaknya selaku pengelola pendidikan bersama para staf serta seluruh tenaga pendidik di wilayah Kecamatan Sodonghilir terus berusaha untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi para generasi generasi penerus bangsa dan telah banyak melakukan berbagai usaha untuk memperoleh kualitas dan kuantitas pendidikan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa siswi yang ada di wilyahnya.

“Prestasi belajar pada hakekatnya merupakan pencerminan dari usaha belajar. Semakin baik usaha belajar semakin baik pula prestasi yang dicapai. Pada dasarnya keberhasilan belajar ditentukan oleh dua faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan dari luar siswa antara lain bimbingan guru di sekolah dan bimbingan orang tua di rumah.”ujar Kepala UPTD Pendidikan Sodonghilir ini

Dudung menambahkan, bahwa bimbingan orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu pencapaian prestasi secara maksimal. Hal ini dikarenakan orang tua yang mengetahui kebutuhan anaknya akan memberi pengawasan belajar anak, kebutuhan fasilitas penunjang belajar, memberi motivasi anak dalam belajar. “Selain itu orang tua harus berusaha menciptakan suasana belajar yang baik di lingkungan keluarga, sebab lingkungan keluarga sangat berpengaruh besar terhadap semangat belajar anak di rumah,”tuturnya. (WARTONO)***