Ciamis, LINTAS PENA

Dalam pelaksanaan pemasangan tiang jalur jaringan PLN dari batas PT. Wiracakra Cikupa di Dusun Cigasong Desa Sidamulih Kecamatan Pamarican menuju ke lokasi tower Telkomsel yang berlokasi di Cikanyere pas perbatasan Desa Sidamulih dengan Desa Cikupa Kecamatan Banjarsari jarak jangkauan + 2 km sepertinya dicari lokasi tiang yang mudah saja, tidak diperhitungkan dengan jarak radius dari bahu jalan ke tiang jaringan TM. Padahal menurut aturan PLN, sebenarnya mempunyai aturan yang tertentu dari bahu jalan ke tiang jaringan rata-rata 5 m, tapi kenyataan pasang tiang itu tidak memenuhi aturan dari PLN yang sebenarnya tiang jaringan yang telah terpasang ada beberapa tiang cara pemasangannya tepat pada badan jalan yang lainnya jarak radius itu tak sesuai.

Seorang petugas/mandor mengatakan, bahwa pemasangan tiang jaringan ini dikerjakan oleh Adang dari Tasikmalaya,” Saya sendiri hanya melaksanakan tugas saja juga memberitahukan pula bahwa tiang jalur PLN ini Telkomsel yang mengajukan ke pihak PLN dengan dasar untuk mengoperasikan tower alhasil bukan ajuan masyarakat.”ujarnya ketika dikonfirmasi di warung.

Sementara itu, salah seorang warga masyarakat yang mengaku dirinya mempunyai tanah yang terpasang tiang jaringan dan pohon-pohon yang akan tertebang mengharapkan kepada PT.Telkomsel Tbk ada ganti rugi. Tapi sampai saat selesai pemasangan tiang jaringan belum ada berita apa-apa.

“ Pada awalnya kami mengharapkan, sebelum pelaksanaan pemasangan tiang jaringan itu dimulai, semua warga masyarakat yang tanahnya kena dilewati tiang jaringan diadakan sosialisasi dulu, ada juga pertemuan itu adalah dari pihak masyarakat di sekitar posisi tower, dan yang tanahnya dilalui jaringan setelahnya muncul imbas awal dari pengajuan hak yang langsung dipimpin oleh Kades Cikupa Endi yang bertempat di mesjid Taritih.”katanya

Kepala Desa Cikupa, Endi mengatakan kepada masyarakat bahwa tiang jaringan ini adalah hasil pengajuan Telkomsel dan kita sebagai warga punya peluang emas kalau jaringan itu telah beroperasi menuju tower kita sebagai masyarakat khususnya ke lokasi jaringan itu merupakan kesempatan baik nantinya. Untuk ikut serta mendaftar sebagai konsumen listrik di sisi itu. Endi mengajak kepada masyarakat mari kita tunjang supaya jaringan itu segera beroperasi dan kita yang kelewati jalur itu akan mendapatkan penerangan yang istilahnya langsung punya KWH, ungkapnya. (DENI KOSWARA)