Ciamis, LINTAS PENA

Dengan mengedepankan visi bermoral tinggi, bersikap mandiri, dan memasyarakatkan diri, bahwa SDN IV Karang Kamiri Kecamatan Langkaplancar Kab.Ciamis akan terus berusaha menjadi sekolah yang berkualitas.

“Kami siap untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai tenaga pengajar yang professional,”ungkap Rosid S.Pd, Kepala SDN IV Karangkamiri kepada LINTAS PENA.

Rosid mengaku sangat tertantang untuk berkarya di SDN IV Karang K amiri yang kebetulan lokasi SD tersebut ada di pinggir jalan raya pas di tengah-tengah daerah yang begitu cukup ramai, serta SDN IV Karang Kamiri ini telah memiliki bangunan yang cukup rerpresentatif, nyaman konduktif, sejuk di dalam maupun luar telah tertata.Untuk halaman sekolah semuanya telah terpasang paving blok sehingga halaman tersebut indah dipandang mata, walaupun dengan keadaan cuaca musim hujan keadaan halaman ini tidak banyak kotoran tanah. Juga untuk sebagai keamanan lingkungan sekolah khusus bagi anak-anak bisa terjalin sebab dari pinggir kiri-kanan dan depan telah terkelilingi pagar tembok dengan pakai pintu gerbang besi pas dengan pigura masuk halaman.

Dia beserta guru-guru berupaya terus dan tidak lepas komitmen dengan lembaga sekolah (komite) untuk sama-sama memajukan dan mengembangkan potensi sekolah serta meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas. “ Kami beserta lembaga mengharapkan bahwa SDN IV Karangkamiri bisa menjadi suatu sekolah dasar yang memiliki potensi naik ke jenjang program Rintisan Sekolah Bertahap Internasional (RSBI).”ungkap Rosid.

Untuk mencapai program ini berupaya juga untuk meningkatkan motivasi para tenaga kependidikan di lingkungan sekolah agar dapat terus meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme keguruan. SDN IV Karangkamiri ini digawangi oleh 6 orang guru PNS dan 3 orang honor. Seluruh siswa yang tengah menimba ilmu sebanyak 116 orang.

Fasilitas di luar ruang kelas yang telah tersedia terdiri dari ruang perpustakaan, untuk ruang komputer masih menyatu dengan ruang kantor. “Dengan keberadaan ini kami mengharapkan dan memohon kepada pihak yang berwenang bahwa SDN IV Karang Kamiri bisa tergolong dan termasuk salah satu SD yang naik ke jenjang program Rintisan Sekolah Bertahap Intemasional (RSBI),” tuturnya. (DENI KOSWARA)