Cipedes, LINTAS PENA
Acara imtihan (kenaikan kelas) dan pelepasan siswa kelas 4 Madrasah Diniyah “Al Hidayah” di Kampung Cicariu RW 09 Kelurahan Nagarasari Kec.Cipedes Kota Tasikmalaya. Bahkan, kemeriahan itu berlangsung selama tiga malam dengan menampilkan berbagai kreativitas seni bernuansa Islami yang dilakukan para siswa madrasah tersebut.
“Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan imtihan dan pelepasan siswa Madrasah Diniyah Al Hidayah berjalan lancar sesuai harapan. Semua itu berkat adanya dukungan dari orangtua murid dan warga RW 09 Cicariu,”ungkap Aziz, pengelola madrasah.
Azis menjelaskan, bahwa kegiatan imtihan dan pelepasan siswa kelas empat yang berlangsung selama tiga hari itu memang diselenggarakan secara meriah, dan menampilkan kreativitas siswa yang bernuansa Islami seperti qasidahan/rebana, pembacaan puisi, MTQ, pidato, drama kisah-kisah nabi, lawakan, fashion show busana muslim, dakwah/pengajian dan terakhir lomba ngaliwet yang melibatkan warga masyarakat.
Dengan panggung terbuka, para siswa Madrasah Diniyah Al Hidayah tampak antusias menampilkan kreativitas mereka, sehingga menarik para penonton.”Selama ini, kegiatan imtihan dan pelepasan siswa madrasah biasa dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan,”ujarnya.
Adapun tujuan digelarnya serangkaian kegiatan pada imtihan tersebut, menurut Azis, yakni untuk memperlihatkan kemampuan siswa madrasah kepada orangtua siswa maupun warga bahwa hasil menimba ilmu di Madrasah Diniyah Al Hidayah bisa ditampilkan, misalnya anak-anak kini pandai mengaji atau membaca kitab suci Al Quran atau bercerita lewat drama dan lainnya. (REDI MULYADI)***