Kabupaten Tasikmalaya, LINTAS PENA

Alumni SMPN 2 Sukaratu (kini namanya SMPN 1 Sukaratu) angkatan tahun 1988 menggelar acara ‘tepung lawung’ reuni silaturahmi pada Senin pekan kemarin. Kegiatan reuni kali ini merupakan titik awal atau persiapan dan pembentukan kepanitiaan untuk menggelar acara Reuni Akbar pada tahun 2011 yang diharapkan akan dihadiri oleh 27 angkatan.

“Walaupun tidak optimal, karena alumni angkatan 1988 tidak banyak yang hadir, tetapi penyelenggaraan reuni sekarang berjalan lancar, juga kembali

terjalin komunikasi dan tali silaturahmi antar alumni yang sudah lama berpisah menjadi lebih erat,” ujar Rahmat Durahmat, Ketua Panitia Reuni yang juga anggota DPRD Kota Tasikmalaya dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Dengan digelarnya reuni ini, lanjut Rahmat, maka diharapkan akan terjalin komunikasi dan tali silaturahmi/persaudaraan antar alumni satu angkatan dengan angkatan lainnya, juga saling bahu membahu, membangun solidaritas dan menggali potensi sesama alumni, serta dapat memberikan sumbangsih terhadap keberadaan SMPN 1 Sukaratu. Dalam hal ini, misalnya masih kekurangan 3 ruang kelas, di samping tidak memilikinya lahan untuk membangun ruang kelas tersebut.

Kepala SMPN 1 Sukaratu Drs.Toha yang hadir pada acara reuni tersebut mengakui, bahwa sekolah yang dipimpinnya saat ini masih kekurangan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan peserta didik, terutama 3 ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar. “Lahan untuk membangun ruang kelas memang ada milik warga seluas 80 bata seharga Rp.2 juta/bata dan ini yang menjadi kendala untuk mengajukan proposal RKB kepada pemerintah,” jelasnya.

Pada kesempatan reuni kali ini pun, kata Rahmat Durahmat, merupakan awal persiapan pembentukan kepanitiaan untuk menggelar acara Reuni Akbar 2011 dari seluruh angkatan. Bahkan, program jangka panjangnya yakni pembentukan suatu badan hukum yang dapat membantu teman – teman yang bernasib kurang baik. Seusai acara kemudian dibentuk penitia kecil yang terdiri Ketua Rahmat Durahmat, Sekretaris Yayu Rahayu, Bendahara Risris dan Seksi Publikasi Redi Mulyadi.

Reuni alumni SMPN 1 Sukaratu angkatan tahun 1988 tersebut selain dihadiri Kepala Sekolah Drs.Toha, juga staf guru antara lain Kepala SMPN 6 Kota Tasikmalaya Drs.H.Dadang Yudistira SH MPd, Ida Farida SPd, Sri Mulyati SPd, Iis Suryani, Dewi dan lainnya. Selain digelar hiburan electone, juga menampilkan tauziah dari Ustd Usman Abdullah yang biasa mengisi siraman rohani di TazTV dan R-TV Tasikmalaya. (REDI MULYADI)***

SMPN 1 Sukaratu, SMPN 2 Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Alumni