Ciamis, LINTAS PENA

Keluarga besar SMKN 1 Ciamis patut berbangga! Sebab, sekolah kejuruan yang berlokasi di Jl.Jenderal Sudirman No.269 ini merupakan SMK yang dipersiapkan menuju Sekolah Bertaraf Internasional berdasarkan SK Direktorat PSMKNo.2835/C5.4/MN. 2006 tanggal 2 Oktober 2006.

“Karena dari sekian banyak profil SBI yang harus terlaksana, salah satu yang harus dicapai sekolah kami adalah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2000 dan itu menjadi visi SMKN 1 Ciamis yakni terwujudnya SMK Bertaraf Internasional pada tahun 2010,”ungkap Drs H Hadi Sumantoro MPd, Kepala SMKN 1 Ciamis.

Hadi Sumantoro mengungkapkan, bahwa ISO (Sertifikat SMM ISO 9001: 2000) bukanlah suatu anugerah yang datang begitu saja dan bukan pula pemberian dari pemerintah.Sebab, ISO adalah sebuah keinginan yang harus diperjuangkan dengan keikhlasan dan kesabaran.

“Walau bagaimana pun, tidak sedikit hambatan yang kami temui dan permasalahan yang merintangi.Alhamdulillah, semua itu telah kami lalui dan keinginan itu tercapai.Kini, SMKN 1 Ciamis telah meraih Sertifikat SMM ISO 9001: 2000,”tuturnya.

Dengan demikian, SMKN 1 Ciamis secara konsisten dan kotinyu bertekad melaksanakan SMM ISO 9001:2000 untuk mencapai SMK bermutu tinggi dengan berorientasi pada profil SBI yang menjunjung tinggi kejujuran, kreatif, inovatif dan produktif sesuai persyaratan pelanggan dan persyaratan lainnya.

“Karena itu, SDM di SMKN 1 Ciamis harus bertanggung jawab serta berperan aktif dalam meningkataakan mutu diklat, yang berorientasi pada kepuasan pelanggan secara berkesinambungan.Dengan segala aktivitasnya, kami pun menerapkan budaya mutu sebagai berikut sikap professional, mandiri, kompeten, nilai religius dan berbudaya serta yakin bisa,”papar Drs H Hadi Sumantoro MPd.

Adapun misi yang diemban SMKN 1 Ciamis antara lain: Bersikap Profesional dalam melakukan tindakan dan perbuatan pada keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT; Membangun kemitraan yang kokoh dengan pemerintah daerah, masyarakat, institusi pasangan dan dunia usaha industri; Melakukan inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknolog; Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada seluruh warga sekolah agar mampu bersaing dalam era global; dan Memberikan pelayanan yang prima berdasar pada standar mutu ISO:9001-2000.

SKMN 1 Ciamis yang berdiri di atas tanah seluas 10142 M2, sertifikat hak milik 0 M2, memiliki 35 ruangan seluas 1896 M2. Kurikulum 2004/KTSP dilaksanakan dalam 6 Program Keahlian (Bisnis Manajemen, Pariwisata, Tata Boga dan Teknologi Informasi dan Komunikas) dan diikuti oleh 945 peserta didik. Pembelajaran sudah berbasis kompetensi dan KTSP. Proses pembelajaran difasilitasi oleh 94 fasilitator/guru, dengan berbagai strata pendidikan dan spesialisasi.(AI PRAYUDI/REDI.M)***