Tasikmalaya, LINTAS PENA
Pada hari Minggu (15/8) diadakan Lomba Semangat Bedug Enervon C yang berlangsung di pelataran parkir Mayasari Plaza Tasikmalaya. Acara tersebut diadakan dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan bulan suci Ramadhan 1431 H.
Keterangan yang diperoleh LINTAS PENA menyebutkan, peserta lomba berasal dari beberapa perwakilan pesantren dan remaja mesjid yang ada di Kota Tasikmalaya. Beberapa grup yang tampil adalah kelompok-kelompok yang biasa mengikuti lomba-lomba bedug setiap kali bulan ramadhan seperti Al Huda, Al Amin, Al Iklas dll.Juga ditambah kelompok pendatang baru seperti group Almenak yang berhasil meraih juara II, hingga menghantarkan group tersebut ke final yang akan dilaksanakan di Bandung pada tanggal 29 Agustus 2010 nanti, dan sekaligus menjadi perwakilan kota Tasikmaya untuk tingkat Jawa Barat.
Ada yang menarik dari pendatang baru group Al Menak tersebut, karena terdiri dari beberapa anggota komunitas kesenian yakni dari Teater Dongkrak, Komunitas Cermin dan Trotoar. Adapun personilnya dari enam orang yakni Edi Martoyo,Rian bungsu salilana, Andarea Patih, Windry Marley, Desaster Pool, Adi Ardiansyah.
Mereka bergabung dan menampilkan sebuah suguhan musik yang lain dari pada yang lain dengan menghadirkan alat musik kendang dan Jimbe sebagai alat musik tambahan yang diperbolehkan oleh panitia, sehingga menambah keharmonian dalam permainan musik.
Ketika disinggung tentang kostum yang di pakai Graoup Al Menak ini yang agak nyeleneh dari group yang lainnya, Edi Martoyo mengungkapkan bahwa kita memakai sarung karena belum mempunyai kostum baju koko yang sama, jadi pada akhirnya kami siasati dengan memakai sarung yang dipakaikan ala ninja. “Ya sedikit memorian ke jaman dulu waktu kanak-kanak, mungkin justru karena keunikannya tersebut yang menghantarkan kami menjadi juara”, ungkapnya.
Edi Martoyo melalui LINTAS PENA menambahkan “ Kami mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat khususnya masyarakat yang ada Tasikmalaya, semoga kami biasa membawa nama baik Kota Tasikmalaya di tingkat Jawa Barat”, harapnya. (TATANG.R.A)***