Tasikmalaya, LINTAS PENA

Sehari sebelum menjalankan ibadah puasa, para guru dan siswa SMP Negeri 1 Tasikmalaya

mengadakan musofahah/bermaafan di halaman kampus.Hal ini rutin dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk pribadi siswa supaya mempunyai rasa tenggangrasa yang tinggi antar teman.

“Kegiatan mushofahah ini biasa dilakukan para siswa dan guru sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebagai bentuk kebersamaan dan agar hati kita bersih sebelum puasa dengan adanya saling bermaaf-maafan,”ungkap seorang guru SMPN 1 Tasikmalaya.

SMP Negeri 1 Tasikmalaya yang beralamat di Jalan Oto Iskandardinata No 21 Kota Tasikmalaya dengan jumlah siswa 1.021 orang terbagi dalam 26 rombongan belajar memiliki tenaga pengajar 67 orang dan Tenaga Tata Usaha sebanyak 12 orang.
Dengan Visi “Untuk mewujudkan SMPN 1 Tasikmalaya yang setia, setia, mulia, cerdas, mampu, dan Indonesia Prinsip-prinsip manusia yang mampu bersaing pada tahun 2013.”
Adapun misi yang diemban SMPN 1 Tasikmalaya ini antara lain: Menyadari setia, setia, mulia, dan manusia cerdas; Sadarilah lulusan yang cerdas, dinamis, cinta tanah air dan bangsa;Menyadari tingkat standar internasional KTSP.; Menyadari diferensiasi kurikulum standar internasional; Buat Sebuah proses belajar yang kondusif, bertanggung jawab dan konsisten; Menyadari internasional standar fasilitas terbaru dan infrastruktur; Sadarilah tingkat standar internasional pendidik dan staf profesional pendidik.; Membuat tingkat standar internasional sistem manajemen pendidikan yang demokratis dan transparan.;Membuat tingkat standar internasional sistem penilaian pendidikan.; Menyadari memadai menaikkan biaya pendidikan; Menyadari kualitas internasional budaya sekolah yang terakreditasi; Menciptakan lingkungan yang bersih dan indah sekolah

Selain itu, SMPN 1 Tasikmalaya aktif juga dalam berbagai kegiatan baik di tingkat kota, propinsi, maupun nasional, serta prestasi yang diraih baik bidang akademik maupun non akademik antara lain ; Juara 3 Tingkat Nasional Model Pembelajaran Portofolio Mata pelajaran PPKn, Juara 1 Olympiade Matematika PASIAD, Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Propinsi, Juara umum Lomba Berbahasa inggris tingkat kota, Juara 1 Tingkat Propinsi Jawa Barat Mengarang Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Juara 1 Lomba Siswa Berprestasi Tingkat Kota Tasikmalaya, Juara Umum POR Pelajar Tingkat Kota Tasikmalaya, Juara 1 Lomba Vokal Grup Tingkat Kota Tasikmalaya, Juara 1 Lomba Lukis Tingkat Kota Tasikmalaya, Juara 1 Lomba Pupuh Tingkat Propinsi Jawa Barat, Dan berbagai macam kejuaraan lainnya baik di tingkat Kota, Provinsi, dan Nasional
Hal tersebut tentunya tidak lepas dari kesuksesan kepala sekolah Drs. H. Usep Saepudin, MM dan para guru yang telah memberikan pengajaran dan motivasi kepada para siswanya. (TATANG. R.A)