Tasikmalaya, LINTAS PENA

Walaupun hujan gerimis membasahi bumi, tetapi para pelajar SMPN 9 Kota Tasikmalaya tampak semangat dan khidmat mengikuti pelaksanaan istighotsah dan dzikir bersama yang dipimpin Sertu H Waryono dari Kesatuan TNI Brigif 13 Galuh. Kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan mendapat dukungan dari PT Telkomsel Tbk Cabang Tasikmalaya melalui programnya Telkomsel School Community (TSC).

“Pada tahun ini, kegiatan istighotsah dan dzikir di sekolah kami dilakukan dua kali, yakni menjelang pelaksanaan Ujian Nasional dan sekarang menyambut tibanya bulan suci Ramadhan 1431 H,”ungkap Drs.H.Asep Furqonuddin MM, Kepala SMPN 9 Kota Tasikmalaya.

Asep Furqonuddin menjelaskan, digelarnya istighotsah dan dzikir bersama tersebut dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan sekaligus dalam rangka persiapan mental para siswa, sehingga diharapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) selama menunaikan ibadah puasa sebulan penuh dapat berjalan lancar dan diberi kekuatan.

Kegiatan dzikir bersama yang kami gelar ini merupakan momentum ritual spiritual sebagai pembinaan mental bagi siswa, termasuk bagi staf pengajar dan karyawan lain di SMPN 9 Tasikmalaya,”ungkapnya seraya menyebutkan bahwa jumlah peserta didiknya untuk tahun ajaran 2010-2011 mencapai 1.200 siswa.

Selanjutnya dia menjelaskan, bahwa kegiatan istighotsah dan dzikir bersama yang selama ini digelar SMPN 9 Tasikmalaya, ternyata banyak manfaatnya terutama dalam hal pembinaan mental bagi siswa.”Alhamdulillah, sejak sering digelarnya doa atau dzikir bersama, anak-anak didik kami tidak suka berulah neko-neko atau berbuat negative, memberikan ketenangan, meningkatkan kegiatan belajar dan prestasi, juga rajin beribadah.”tuturnya.

Karena itu, lanjut Drs.H.Asep Furqonuddin MM, kegiatan istighosah dan dzikir bersama diagendakan dua kali dalam setahun yakni ketika menjelang Ujian Nasional dan menyambut bulan suci Ramadhan.Apalagi dengan adanya pihak ketiga (sponsor) yang bekerjasama dengan mengundah ustadz dari luar sekolah untuk memimpin istighotsah dan dzikir bersama seperti dari Telkomsel lewat program Telkomsel School Community (TSC) mengundang Sersan Satu (Sertu) H.Waryono dari Brigif 13 Galuh serta memberikan bantuan lainnya, misalkan panggung, sound system dan lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel Branch Tasikmalaya yang telah turut membantu kegiatan keagamaan lewat acara istighotsah dan dzikir bersama yang diselenggarakan di sekolah kami,”ujar Kepala SMPN 9 Kota Tasikmalaya kepada LINTAS PENA di ruang kerjanya.(REDI MULYADI)***