Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA

Madrasah Tsanawiyah (MTs) “SERBA BAKTI” yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya, tepatnya di Desa Tanjungkerta, Kec.Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya kini telah sepuluh langkah lebih maju. Karena selama tiga periode Kepala MTs ini dijabat oleh Iyed Tarya S,SPd.I sudah banyak mengalami kemajuan yang dicapai, termasuk memperoleh Akreditasi “B” dan sebagai ‘madrasah unggulan’ di Kab.Tasikmalaya menuju Rintisan Madrasah Standar Nasional (RMSN).

“Alhamdulillah, keberadaan MTs Serba Bakti Suryalaya sudah banyak mengalami kemajuan di berbagai bidang, termasuk sarana-prasarana serta fasilitas yang dimiliki dan peminatnya terus meningkat ,”ujar Iyed Tarya S, SPd.I didampingi Nurhidayat S.Ag M.Si, Wakasek Kesiswaan ketika ditemui Tim LINTAS PENA, pekan kemarin.

Iyed Tarya S menjelaskan, kini jumlah murid yang menimba ilmu di MTs Serba Bakti Suryalaya mencapai 335 siswa yang dibimbing tenaga pengajar sebanyak 35 orang guru bantu

an pemerintah (Depag dan Diknas), lulusan perguruan tinggi terkenal (IAIN, UPI, Unsil dan IAILM Suryalaya) serta alumni Pondok Pesantren Modern Gontor. Sehingga kualitas pendidikan di madrasah ini cukup mumpuni.

“Kalau dulu, murid di madrasah kami sebagian besar para santri yang mukim di Pondok Pesantren Suryalaya, tapi sekarang lebih banyak yang berasal dari luar lingkungan pesantren. . Kondisi ini merupakan dukungan moriil yang sangat besar bagi kami untuk memanfaatkan kesempatan semaksimal mungkin dan akan terus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (service oriented).” katanya.

Nurhidayat S.Ag,M.Si menambahkan, bahwa kualitas pendidikan di MTs Serba Bakti Suryalaya semakin baik, apalagi ditambah sarana gedung yang representatif, peralatan praktikum dan perpustakaan yang lengkap milik sendiri, ujian nasional di tempat sendiri, mendapat bimbingan e

kstrakulikuler, beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan lainnya. Juga prestasi yang diraih cukup banyak, misalnya, sejak Kemah Bakti PKS pertama tahun 1987, PKS Suryalaya selalu menjadi Juara Umum dan PKS MTs. Serba Bakti sejak Kemah Bakti PKS V hingga Kemah Bakti PKS XI selalu menjadi Juara Umum, Piala Walikota pun masih di MTs. Serba Bakti.

Sejak awal berdirinya tahun 1977, sebagaimana lembaga-lembaga yang didirikan Abah Anom atau KH. A. Shohibulwafa Tajul Arifin ra. , maka MTs Serba Bakti Suryalaya mempunyai tujuan yang mulia yakni mendidik siswa-siswi menjadi muslim-muslimah yang berimtaq, Beriptek dan Berakhlak mulia (Cageur Bageur) lahir bathin.” Mengingat pendidikan mempunyai peranan penting untuk membentuk akhlak serta budi pekerti mulia dan dalam mencerdaskan bangsa serta untuk menanamkan ideologi dalam proses integrasi nasional. Selain itu terselenggaranya pendidikan formal yang baik juga dapat meningkatkan taraf dan mutu kehidupan bangsa.”ungkap Nurhidayat S.Ag,M.Si.

Sebagai madrasah yang Terakreditasi B sesuai SK Kepal

a Kanwil Kementerian Departemen Agama Provinsi Jawa Barat No.Kw.10.4/4/PP.00,5/1005A/2006, maka memiliki visi “terwujudnya MTs Serba Bakti Suryalaya yang unggul, kompeten, favorit dan akuntabel”. Sedangkan misi yang diembannya antara lain: meningkatk

an kemampuan membaca, menulis, menterjemahkan dan menyimpulkan kandungan ayat-ayat Al Quran (menciptakan generasi Qur’ani); meningkatkan ketajaman IQ, E, SQ guru dan siswa dalam proses belajar mengajar (PBM)

; meningkatkan kkultur pendidikan yang berdisiplin tinggi, bertanggungjawab dan berdaya saing di pasar kerja; serta meningkatkan manajemen mutu, sarana prasarana dan akuntabilitas madrasah.

“Juga mewujudkan profil madrasah yang Sukses, Aman, Lancar, Anggun Tertib (SALAT) serta Bersih, Elok, Rapi, Rindang, Indah, Asri dan Sehat (BERRIAS),” kata Nurhidayat.

Iyed Tarya selanjutnya menjelaskan, sesuai dengan Rencana Strategik (Renstra) 2010 – 2015 dan Rencana Operasional (Renop) 2009 – 2010, maka MTs Serba Bakti bert

ekad untuk menjadi madrasah unggulan yang bermutu dan modern sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan yang telah ditetapkan untuk kemudian di masa yang akan datang diharapkan dapat menjadi madrasah unggulan, modern dan mandiri. “Indiktor mutu MTs. Serba Bakti tersebut dapat didentifikasi dari usaha penyesuaian terhadap tandar pendidikan yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (NSP) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. “ungkapnya.

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka MTs Serba Bakti Suryalaya memiliki kesempatan yang terbuka lebar untuk menjadi madrasah yang berkualitas, bermutu dan berdaya saing tinggi, antara lain dengan meningkatkan status melalui tahapan dan jenjang sebagai berikut :MTs. Serba Bakti Terakreditasi “A”, melaksanakan Program Full Day School, dan Berstandar Nasional.

“Pada tahapan berikutnya, kami telah mencanangkan program dan target pencapaian untuk meningkatkan mutu pendidikan dan berpeluang untuk menjadi : MTs. Serba Bakti Terakreditasi “A”, kemudian melaksanakan Program Boarding School, dan bahkan sebagai MTs Berstandar Internasional,” tutur Kepala MTs Serba Bakti Suryalaya optimis. (REDI MULYADI)***