Tasikmalaya, LINTAS PENA

Selama ini, SMKN 1 Kota Tasikmalaya punya tradisi tahunan yang cukup menarik, yakni selalu digelarnya pentas ‘kelulusan’ perpisahan siswa kelas IX yang selalu meriah dan semarak. Karena ternyata diselenggarakannya secara semarak dan meriah mendapat respon positif dari para siswa dan orangtua siswa.Bahkan, pembukaan acara digelarkan upacara adat khas Sunda yang menampilkan Ki Lengser.

“Acara pentas perpisahan siswa kelas IX merupakan ciri khas dan daya tarik tersendiri dari SMKN 1 Kota Tasikmalaya. Apalagi dengan digelarnya upacara adat Sunda dan berbagai kesenian tradisional hasil kreativitas para siswa, “ ungkap Sohib Setiawan, S.Pd. M.Pd. Kepala SMKN 1 Kota Tasikmalaya

Pada pelaksanaan pentas kenaikan kelas dan penglulusan tersebut, menurut Sohib Setiawan, selain prosesi upacara adat khas Sunda yang menarik perhatian, juga menampilkan berbagai kesenian baik tradisional maupun modern, pembacaan puisi, drama, uji kemampuan siswa dan lainnya.

Karena itu, Sohib , maka pada tahun mendatang dan seterusnya bahwa tradisi pentas ‘perpisahan’ penglulusan kelas IX semacam ini akan tetap dipertahankan, karena mendapat dukungan penuh para siswa dan orangtua murid maupun keluarga besar SMKN 1 Kota Tasikmalaya . “Tradisi pentas ’perpisahan’ kelas IX semacam ini akan kami pertahankan karena adanya usulan orangtua murid sendiri, dan turut serta dalam upaya melestarikan seni budaya khas Sunda.”ujarnya.

Ketika ditanya mengenai jumlah siswa kelas IX yang dilepas pada tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 512 siswa yang berasal dari 5 (lima) program keahlian yakni Akutansi, Administrasi Perkantoran, Penjualan/Pemasaran, Teknologi Informatika Multimedia dan Akomodasi Perhotelan.

Sohib Setiawan menambahkan, jumlah peserta didik untuk tahun ajaran 2009/2010 mencapai 1.568 siswa dengan staf pengajar 71 guru PNS dan 19 guru sukwan.Fasilitas yang dimiliki SMKN 1 Tasikmalaya ini di antaranya adalah ruang tempat belajar yang cukup refresentatif sebanyak 42 ruang kelas, laboratorium cukup memadai yang ditunjang oleh sarana yang serba modern termasuk sarana olahraga (lapangan basket dan tennis) berstandar internasional, kemudian sarana ibadah yang dapat menampung 500 orang. Selain itu, internet masuk sekolah dimana seluruh computer (300 unit) telah masuk jaringan dunia maya.

“Pada PSB tahun ajaran 2010/2011 ini, diharapkan peminat yang masuk ke SMKN 1 Kota Tasikmalaya semakin meningkat sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, dan kami akan berusaha meningkatkan kualitas pendidikan,”paparnya.(REDI MULYADI)***